Disdikbud Kukar Alihkan Status Sekolah Swasta Jadi Negeri

Yayasan Pendidikan Singkik Kini Menjadi SMP Negeri 9

0 294
DETAKKaltim.Com, Tenggarong : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) mengalihkan status Yayasan Pendidikan Swasta menjadi sekolah Negeri yang berlokasi di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun. Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ikhsanuddin Noor kepada DETAKKaltim.Com.

Sekolah yang beralih status itu bernama Yayasan Pendidikan Singkik yang kini menjadi SMP Negeri 9. Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ikhsanuddin Noor mengatakan, SMP YPS Kedang Ipil dinegerikan setelah melalui proses panjang. Di antaranya pelimpahan administrasi dan penyerahan hibah aset yang diserahkan sepenuhnya kepada Disdikbud.

“Setelah semua proses dan persyaratan terpenuhi maka kami putuskan sekolah tersebut sudah memenuhi syarat untuk menjadi sekolah negeri, memang sangat layak SMP YPS dinegerikan, muridnya juga semakin bertambah,” ujar Ikhsanuddin Noor saat dikonfirmasi, Kamis (26/11/2020).

Ia melanjutkan, di Desa Kedang Ipil sudah didirikan SMA Negeri, setelah pihaknya melakukan studi dengan tim pendiri sekolah. Apalagi di sana ada rencana pemekeran Kecamatan Kota Bangun, dan Kedang Ipil akan dijadikan ibu Kota Kecamatan Kota Bangun Darat.

Baca juga : Disdik Kukar, Kerja Sama Tranoto Foundation Akan Dilanjutkan

“Di sana sudah ada SMA Negeri, jadi masyarakat juga berharap dengan adanya ibu Kota Kecamatan paling tidak ada Sekolah Menengah Pertama Negeri,” jelas Ikhsanuddin Noor.

Selain merubah SMP Swasta menjadi Negeri, Disdikbud juga menargetkan pembukaan SMP filial di Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, karena di Desa tersebut belum memiliki SMP. (DK.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor  : Lukman

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!