Danrem 091/ASN Tutup TMMD Ke-98 di Berau

0 85

DETAKKaltim.Com, BERAU : Brigjen TNI Makmur Umar, Danrem 091/ASN melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 0902/Trd, Kamis (4/5/2017).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka penutupan kegiatan TMMD Ke-98 Kodim 0902/Trd tahun 2017 yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur, Berau, Kalimantan Timur.

Dalam amanatnya, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar, S. Ap, MM yang bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah membantu suksesnya pelaksanaan TMMD, sehingga beberapa program yang telah direncanakan dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai rencana.

“Pelaksanaan kegiatan, selain sasaran secara fisik, TMMD juga menyelenggarakan program non fisik berupa penyuluhan terhadap masyarakat tentang bela negara dan ketahanan nasional,” sebut Danrem.

Brigjen TNI Makmur Umar, S. Ap, MM, Danrem 091/ASN. (foto:Kodim 0902/Trd)

Menurutnya, kegiatan tersebut guna membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dari  ancaman disintegrasi bangsa, yang dilancarkan melalui Narkoba, Terorisme dan Kriminalitas.

Lebih lanjut ia menjelaskan, TMMD Ke-98 tahun 2017 secara nasional menyelesaikan sasaran fisik sebanyak 357, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur masyarakat guna membantu dan meningkatkan kesejahterakan masyarakat.

Turut hadir pada upacara penutupan TMMD ke 98 Kodim 0902/Trd antara lain, Staf Ahli Pangdam Bidang Hukum dan Humaniter Kol Inf Hartomo, Bupati Berau H Muharram, S.Pd, MM, Dandim 0902/Trd, Kapolres Berau, Wadan Skadron 13/Serbu, Kasdim 0902/Trd, Kasdim 0903/Tsr, Kasatpol PP Berau, Camat Teluk Bayur, Pasiter Siter Korem 091/ASN Mayor Inf Fredy F, dan para Staf dan Danramil jajaran Kodim 0902/Trd, serta para Tokoh agama, masyarakata, dan tokoh adat Kampung Labanan Makarti.

Usai upacara penutupan, acara dilanjutkan dengan pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Provinsi Kaltim dan Kaltara dengan Tema ‘Melalui Bhakti Sosial TNI Manunggal Kesehatan kita sukseskan program KKBPK dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan masyarakat sehat.

Brigjen TNI Makmur Umar, S. Ap, MM didampingi Bupati Berau meninjau lokasi pelayanan KB Kesehatan TNI. (foto:Kodim 0902/Trd)

Dalam sambutannya terkait kegiatan tersebut, Danrem 091/ASN yang membuka acara menyampaikan program kerjasama BKKBN pusat dengan TNI melalui kegiatan pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan seperti yang dilaksanakan saat ini, dipandang perlu dilakukan dalam rangka mensosialisasikan secara luas program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Tujuannya adalah  untuk membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, khususnya di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara agar dapat seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi,” jelasnya.

Lanjut Danrem, salah satu bentuk kontribusi BKKBN dan TNI serta mitra kerja BKKBN lainya untuk membangun  kependudukan indonesia  agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia, sehingga bangsa indonesia secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat sejahtera adil dan makmur.

Berita terkait : Hari Ke-26 TMMD Kodim 0902/TRD, Satu Kegiatan Lagi

Kepala BKKBN Provinsi Kaltim Drs Eli Kusna Eli M. Pd dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan KB Kesehatan ini dilaksanakan untuk mencegah laju cepatnya populasi manusia, yang tidak sebanding dengan ketersediaan energi dan luas wilayah jika pertumbuhan ini tidak cegah.

Usai acara pencanangan, selanjutnya Danrem 091/ASN didampingi Bupati Berau dan Unsur FKPD Kabupaten Berau meninjau lokasi pelayanan KB Kesehatan TNI, penyerahan bantuan berupa alat olah raga, susu dan sembako kepada masyarakat.

Selanjutnya, Danrem 091/ASN beserta rombongan meninjau sasaran fisik Kegiatan TMMD Ke-98 Kodim 0902/Trd di wilayah Kampung Labanan Makarti, Kecamatan Teluk Bayur. Di antaranya Rehab Masjid Al Ashar, Rehab Balai Tani, Rehab Rumah Adat, dan Rehab Gereja. (LVL)

 

(Visited 14 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!