Cegah Covid-19, Kemenaker Tekankan Perusahaan Patuhi Protokol Kesehatan

Aji Syahdu : Dunia Usaha Harus Tetap Berjalan

0 166
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kementerian Ketenagakerjaan menghimbau kepada seluruh pengawas ketenagakerjaan agar terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tempat kerja, serta kepatuhan para pelaku usaha dalam menerapkan norma ketenagakerjaan melalui langkah langkah pencegahan, deteksi dini.

Saat ini pemerintah sudah mulai menerapkan kebijakan new normal atau tata kehidupan normal baru di tengah pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut mendorong masyarakat melakukan aktivitas seperti biasa, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti menggunakan masker, sering cuci tangan dan tetap jaga jarak.

Aji Syahdu, Kepala Bidang Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (Disnakertrans) Kaltim mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menggelar kegiatan temu teknisi bersama Kementerian Ketenagakerjaan, yang dihadiri oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ditjen Binwasnaker dan K3) bersama seluruh pengawas ketenagakerjaan yang berada di Kalimantan Timur.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim tersebut membahas langkah-langkah yang diambil Pengawas Ketenagakerjaan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Intinya dalam temu teknis tersebut Kementerian mendorong agar pengawas ketenagakerjaan di Provinsi Kalimantan Timur untuk terus meningkatkan kinerjanya, serta tetap melakukan pengawasan meskipun dalam kondisi new normal,” ujar Aji Syahdu saat ditemui di ruangannya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Aji mengatakan, saat ini kasus Covid-19 di Kalimantan Timur terus mengalami peningkatan, oleh sebab itu pihaknya akan lebih aktif untuk melakukan pengawasan di perusahaan-perusahaan yang berada di Kalimantan Timur.

Baca juga : Kabupaten Paser Siapkan Lahan Transmigrasi Untuk 200 KK

Pihaknya juga akan meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan kader Normal Ketenagakerjaan di perusahaan-perusahaan, mengingat keberadaan kader-kader tersebut menjadi mitra strategis dalam membantu memastikan ditaatanyi norma kerja di perusahaan.

“Dunia usaha harus tetap berjalan , namun para pekerja juga harus dipastikan aman. Di sinilah pentingnya peran Pengawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk memastikan pelindungan terhadap pekerja di tengah pandemi Covid-19,” tandasnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 20 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!