Cawagub Safaruddin Terkejut, Gaji Guru Anak SLB Rp600 Ribu

0 249

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Safaruddin, Cawagub Kaltim nomor 4 menyambangi Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Kencana di Jalan Pembangunan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (2/4/2018).

Kunjungan mantan Kapolda Kaltim ke SLB tersebut dalam rangka memperingati hari autis internasional. Data yang ada menyebutkan, sekitar 103 anak berkebutuhan khusus mengenyam pendidikan mulai dari TK hingga SMA di tempat itu.

Kebanyakan siswa yang belajar di sekolah yang didirikan tahun 2003 itu, tunagrahita. Di mana banyak siswa yang memiliki keterbelakangan mental, dikenal juga dengan istilah retardasi mental (mental retardation).

“Anak tunagrahita memiliki IQ di bawah rata-rata anak normal pada umumnya, sehingga menyebabkan fungsi kecerdasan dan intelektual mereka terganggu,” ungkap Tutik Suwarni, Kepala Sekolah SLB Dharma Kencana.

Lanjut Tutik, sebenarnya masih banyak anak berkebutuhan khusus di Balikpapan yang tidak sekolah. Bukan karena mereka tak mau, tapi lantaran kebanyakan dari mereka warga tak mampu. Sehingga terbentur dengan batasan ekonomi keluarga.

“Di Gunung Guntur itu banyak. Tapi orang tuanya kebanyakan nggak sanggup bayar,” katanya.

Setiap bulan paling rendah siswa SLB Dharma Kencana membayar SPP sebesar Rp200 Ribu. Pembiayaan setiap siswa bervariasi, tergantung dari kemampuan orang tua.

“Nggak sama semuanya. Bahkan ada yang gratis. Kita pakai subsidi silang. Yang mampu bayar lebih untuk yang tidak mampu. Kita sodorkan duluan di awal,” bebernya.

Di hadapan Cawagub Kaltim nomor urut 4 itu, Tutik menyampaikan bahwa kesejahteraan guru SLB di sini masih jauh dari kata layak. Sebulan tenaga pengajar di sini hanya menerima gaji dari yayasan sebesar Rp600 Ribu.

“Bila bukan panggilan hati, barangkali tak ada yang mengajar mereka. Semoga bila bapak terpilih, nasib kami-kami ini juga diperhatikan,” tuturnya.

Mendengar hal itu Safaruddin terkejut, ia tak menyangka gaji guru SLB jauh dari kata cukup. Sebabnya, ia berjanji akan memberikan perhatian khusus kepada SLB di Kalimantan Timur.

“Anggaran pendidikan kita itu besar, bu. 20 persen. Itu lebih dari cukup bila turun ke bawah dengan benar. Insya allah, minimal gaji guru sesuai dengan UMK,” kata Safaruddin.

Safaruddin yang dikenal suka dengan anak-anak berkesempatan masuk ke dalam kelas. Saat itu para siswa SLB tersebut tengah belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Ia tampak berbagi senyum dan tawa kepada anak-anak yang mengenakan seragam putih merah tersebut.

Tepuk tangan dan tawa anak-anak tersebut sempat membuat mata Safaruddin tampak berkaca-kaca. Dalam kesempatan itu ia memberikan motivasi kepada mereka untuk giat belajar, kemudian mematuhi semua perintah guru di kelas.

“Jangan pernah menyerah. Terus belajar. Dengarkan semua perkataan guru,” ujar Safaruddin menyudahi perjumpaannya bersama anak-anak di dalam kelas, saat itu.

Diungkapkan Safaruddin, dari Data Centre of Disease Control (CDC) di Amerika pada bulan Maret 2014, prevalensi (angka kejadian) Autisme adalah 1 dari 68 anak. Secara lebih spesifik 1 dari 42 anak laki-laki dan 1 dari 189 anak perempuan.

Ini menunjukkan bahwa specific prevention and protection dibutuhkan dalam upaya pencegahan dan pengendalian Autisme.

“Saat ini di Indonesia belum ada data statistik jumlah penyandang Autisme. Namun mereka diperkirakan semakin meningkat tiap tahun. Lihat saja kunjungan di rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, pskiater,” jelasnya.

Safaruddin berharap, jangan sampai ada anak berkebutuhan khusus didiskriminasi di Kalimantan Timur.

“Mereka ini sangat membutuhkan perhatian, baik dari keluarganya maupun dari lingkungan,” tuturnya.

Bersama Cagub Rusmadi, pensiunan Jenderal Polisi Bintang 2 ini bertekad memberikan kesempatan, baik dalam pelayanan kesehatan, rehabilitasi, maupun fasilitas pendidikan dan pelatihan kerja bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Selain itu, meningkatkan jumlah tenaga ahli dalam penanganan autisme, seperti tenaga terapis bicara, psikiater serta psikolog klinis anak, dan tenaga professional lainnya. (LVL)

(Visited 41 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!