BREAKINGNEWS! Dihantam Gelombang Kapal Limbah Batubara Karam di Tanjung Pemerung

3 Awak Kapal Dalam Pencarian

0 130

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Kecelakaan menimpa Kapal Motor (KM) Bunga Lestari 09 di Perairan Laut Tanjung Pemerung, Desa Sepatin, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (7/12/2021) sekitar Pukul 03:00 Wita.

Melansir informasi yang diterimanya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Melkianus Kotta mengatakan, Kapal Klotok Limbah Batubara tersebut mengalami kecelakaan akibat terkena angin dan gelombang besar.

“Kapal Motor Bunga Lestari 09 yang memuat Batubara sekitar 30 ton dengan Juragan Kapal Sanggu dan 5 orang ABK, pada saat akan balik ke Muara Sungai terkena angin dan gelombang besar. Gelombang Air Laut tersebut masuk ke depan Kapal sehingga menyebabkan hilang kendali, dan kapal tenggelam di Perairan Laut,” jelas Melkianus dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Selasa (7/12/2021) Pukul 22:15 Wita.

Akibat kecelakaan tersebut, 3 ABK dinyatakan selamat masing-masing Darmansyah alias Momo (24) beralamat di Desa Sepatin, RT 03, Anggana, Kukar. Ansar Anca (21), dan Alam (30) masing-masing beralamat di Jalan Mangkopalas, RT 02, Samarinda.

Baca Juga :

Sedangkan korban dalam pencarian masing-masing Sanggu (30) dan Akbar (30) keduanya beralamat di Mangkopalas, RT 02,  Samarinda Seberang. Sedangkan Wawan (29) beralamat di RT 02 Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

Melkianus menyebutkan, 2 orang saksi dalam kejadian tersebut masing-masing Irfan Rauf (27) dan Adi (34) berlamat di Jalan Sanga-Sanga Dalam, RT 17, Sanga-Sanga, Kukar.

Disampaikan juga, KM Bunga Lestari 09 adalah Kapal Klotok limbah Batubara tempat tersangka Herman alias Ammang Bin Daeng Alle bekerja, sebelumnya diamankan Anggota Polsek Anggana karena perkara Narkotika.

Mendapat laporan tersebut, Basarnas Balikpapan memberangkatkan Unit Siaga SAR Samarinda berjumlah 6 Orang untuk melaksanakan Operasi SAR pada Pukul 20:35 Wita.

Cuaca di lapangan cerah, tinggi Gelombang sebagaimana dilaporkan BMKG 0,5 meter visibility sekitar 37 Km.” tandas Melkianus.

Sejumlah unsur dilaporkan telah berada di lokasi kejadian di antaranya Pertamina Hulu Mahakan (PHM), Polsek Anggana, dan masyarakat setempat. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!