Berulang Kali Tampakkan Diri, Warga Sungai Kapih Diresahkan Buaya

Reno : Sudah Berulang Kali Terlihat Kemunculan Buaya

0 184

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Warga Jalan Tatako, RT 08, Sungai Kapih, Samarinda, Kaltim, digegerkan dengan penampakan Buaya Muara di aliran Anak Sungai Sambutan. Buaya berukuran sekitar 3,5 meter tersebut muncul ke permukaan air, Minggu (28/3/2021) sekitar Pukul 21:00 Wita.

Salah seorang warga bernama Ibrahim mengatakan, ia dan warga lainnya sempat melihat langsung wujud Buaya Muara tersebut ketika dia baru saja menggelar acara di rumahnya, yang letaknya berada di pinggir Anak Sungai Sambutan itu.

“Malam itu ada acara haul di rumah saya, dan setelah itu saya bersama teman-teman bersantai di kursi yang ada di atas Jembatan. Lalu ada yang melihat seperti ada gelembung di dalam air, setelah diberi penerangan kami melihat kepalanya saja lalu Buayanya kembali tenggelam di dalam air. Kemunculan Buaya ini juga bukan yang pertama kalinya di sini, saya sendiri sudah melihat kurang lebih 4 sampai 5 kali, ” kata Ibrahim, warga RT 08 kepada DETAKKaltim.Com saat ditemui di lokasi penampakan Buaya.

Buaya yang sempat menggegerkan warga tersebut kurang lebih sepanjang 3,5 meter dengan lebar 20 cm. Warga sempat meyusuri aliran Sungai, namun Buaya tersebut berhasil kabur dari pantauan.

“Setelah Buaya itu tenggelam warga sempat menyusuri Sungai, dan menemukan lagi sekitar 100 meter dari kemunculan pertama. Namun setelah itu, Buaya kembali menghilang,” lanjut Ibarahim

Senada dengan warga, Ketua RT 08 Reno Darsono menjelaskan, kemunculan Buaya tersebut membuat warga sekitar khawatir. Pasalnya selain rumah penduduk sangat dekat dengan aliran Sungai, banyak anak-anak yang kerap bermain dan selalu melewati Jembatan Kayu dimana Buaya menampakkan diri.

“Sepanjang aliran Anak Sungai ini sudah berulang kali terlihat kemunculan Buaya. Meski belum ada korban, namun kemunculan sudah sangat meresahkan. Saya sendiri berharap kemunculan Buaya ini segera ditangani, sebab di sekitar aliran Anak Sungai merupakan permukiman padat penduduk dan banyak anak kecil yang selalu bermain,” kata Reno.

Ketua Samarinda Animal Rescue (SAR) Suparlin yang menerima informasi penampakan Buaya mengatakan, akan segera melakukan pengecekan. Pihaknya akan memastikan, apakah Buaya yang dilihat warga sama dengan Buaya sebelumnya.

“Sementara waktu kami minta warga untuk tidak beraktivitas di dalam aliran Anak Sungai. Apakah nantinya dilakukan penangkapan Buaya, akan melihat situasi di lapangan,” ujar Suparlin. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 17 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!