Bertemu Warga Desa Merancang, Cawagub Safaruddin Dengarkan Keluhan Petani Lada

0 144

DETAKKaltim.Com, GUNUNG TABUR : Bertemu dengan Petani Lada (Merica) di Desa Merancang Ilir, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, calon Wakil Gubernur Kaltim Irjen Pol (Purn) Safaruddin, tertarik untuk dapat berbuat mengembangkannya.

“Merica ini bisa untuk ekspor. Pasarnya bagus di mancanegara. Kalau jumlah produksi Lada di sini sudah besar, sebaiknya kita bangun pabrik pengolahnya,” ujar Safaruddin yang datang bersama rombongan menemui para petani di Desa itu, Minggu (13/5/2018).

Cawagub dari pasangan calon nomor 4 itu berada di Berau untuk mengenal lebih dekat dengan kehidupan petani. Terutama di pelosok yang menjadi sentra ekonomi dari hasil pertanian dan perkebunan. Hal itu dilakukan agar kelak menjadi pemimpin Kaltim, tidak salah dalam menurunkan kebijakan terkait kebutuhan rakyat.

Menuju Desa Merancang Ilir, Kecamatan Gunung Tabur, membutuhkan stamina yang bagus karena jaraknya yang cukup jauh, sekitar satu setengah jam perjalanan mengendarai mobil. Tapi Safaruddin tidak terlihat lelah, karena itu sudah biasa dilakukannya ketika mengunjungi Desa-Desa di pelosok Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Bahkan kebiasaan menulusuri Desa sudah ada sejak menjadi Kapolda Kaltim.

Dari petani Lada yang diajak berdialog, Safaruddin mengetahui apa kebutuhannya agar usaha berladang Lada dapat meningkat. Para petani menginginkan agar dibantu soal bibit dan juga traktor untuk mengolah tanah kebun mereka.

Untuk mengembangkan hasil pertanian yang lebih baik, Safaruddin juga akan menyiapkan pupuk bersubsidi.

“Pupuk ini tidak gratis tapi petani bisa membelinya dengan harga murah karena dapat subsidi dari pemerintah,” ujarnya.

Soal pupuk, banyak petani menginginkan agar yang dibantu adalah pupuk organik atau non kimia. Karena Lada non organik lebih sehat dan banyak dicari masyarakat.

Di hadapan ratusan petani warga Desa Merancang, Paslon nomor urut 4, Rusmadi-Safaruddin yang diusung PDI-P dan partai Hanura itu berniat apabila terpilih nanti menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Desa Merancang akan dikembangkan menjadi daerah penghasil Merica.

Bila perlu, kata Safaruddin, jika hasil panen petani bagus dan jumlahnya banyak, desa Merancang akan dibangunkan pabrik agar hasil pertanian dapat diolah dengan baik sehingga punya nilai tambah.

“Kalau selama ini hasil pertanian merica dijual di lokal saja, nantinya bisa dijual keluar daerah bahkan diekspor,” sebut Safaruddin.

Menurut Safaruddin banyak Petani Lada yang berhasil dan sukses di daerah lain. Nah, di Kaltim Petani Lada juga harus sukses.

Karena itu Safaruddin berjanji akan berjuang bersama Rusmadi akan menjadikan Desa Merancang sebagai Desa penghasil Lada yang berkualitas.

Saat ini, pengembangan Lada organik ini cukup potensial untuk menjadi produk unggulan masyarakat Berau. Luasan perkebunan Lada yang ada sudah mencapai lebih dari 1.500 hektar. Bahkan saat ini, sudah cukup banyak kampung yang dinilainya sukses mengembangkan tanaman Lada. Seperti Kampung Merancang Ilir, Merancang Ulu, Maluang, dan Kampung Pesayan.

Untuk mendukung terwujudnya keinginan tersebut, Safaruddin melihat akses jalan masuk ke kebun perlu dibuat bagus supaya para petani tidak mengalami kesulitan mengangkut hasil panennya. (LVL)

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!