Bengalon Membara, 10 Rumah dan 1  Sarang Walet Ludes Dilalap Api

AKP Zarma : Api Diduga Berasal dari Kompor

0 259
DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk di Kecamatan Bengalon, Jalan Sebongkok Ilir, RT 08, RW 03, Desa Sepaso Induk, Kutai Timur, Selasa (25/8/2020) sekitar Pukul 12:45 Wita menghanguskan 10 rumah dan satu bangunan Sarang Burung Walet milik warga.

Sejumlah mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas pemadam sempat kewalahan dalam melakukan pemadaman, karena bangunan rumah yang didominasi berbahan kayu dan semi permanen. Ditambah hembusan angin di musim kemarau menambah kecepatan api melalap rumah-rumah warga.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun akibat kebakaran itu menimbulkan kerugian material sebesar sekitar Rp2,5 Miliar.

Ke-10 rumah tersebut adalah milik Abdul Basith (47), Haris (30), Abdul Hamit (38), Ahmad Irawan (35), Rudi (30), Suryansyah (50), Kurnain (50), Mama Suri (60), Muhid (50) dan Ipansyah (35).

Kapolres Kutai Timur AKBP Indras Budi Purnomo melalui Kapolsek Bengalon AKP Zarma Putra mengatakan, begitu mendapat informasi kebakaran terjadi di Dusun Sebongkok, tim langsung bergerak ke TKP.

“Kami mengamankan lokasi kejadian dan membantu memadamkan api serta melakukan pendataan terhadap rumah yang terbakar,” jelas AKP Zarma Putra saat dikonfirmasi, Selasa (25/8/2020).

Informasi yang diperoleh dari saksi di tempat kejadian, api diduga berasal dari kompor di rumah salah satu warga yang belakangan diketahui sedang tidak ada di rumah.

Baca juga : Di Tengah Kesibukan Sebagai Juri KDI 2020, Danang Rilis Lagu Dia

“Jadi, sesaat sebelum kejadian, saksi bernama Rizki mengaku terbangun dari tidur karena mendengar orang teriak api… api…!!!. Ia langsung bangun dan melihat keluar. Ternyata ada asap hitam dan tebal di atap bagian dapur rumah korban kebakaran yang bernama Haris,” ungkap Zarma.

Saksipun langsung keluar dan meminta pertolongan pada warga untuk membantu memadamkan api. Dari hasil olah TKP yang dipadukan dengan keterangan saksi, diketahui asap tebal di bagian dapur berasal dari kompor yang belum dimatikan saat hendak keluar rumah. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 17 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!