Belum Sempat Jual Barang Bukti, Residivis Penggelapan Diamankan

0 92

     *** Berbekal Rekaman CCTV Polisi Berhasil Tangkap Pelaku Pencurian

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Aksi pencurian kembali terjadi pagi tadi. Kali ini terjadi di sebuah rumah yang berada di Perumahan Taman Sari Bukit Mutiara Blok Cendana 1 Rt 14, Kelurahan Gunung Samarinda Balikpapan Utara Kalimantan Timur, Selasa (11/10/2016).

Tak kurang tiga buah gadget milik penghuni rumah bernama Ayuning Tresnomurti (39) raib digondol pencuri. Aksi pencurian kali ini terbilang nekat.  Saat kejadian, Ayu berada di dalam rumah bercat orange bersama seorang asisten rumah tangganya. Sang Suami kala itu sedang berkerja. Sementara asisten rumah yang kala itu tengah menyapu halaman tak melihat ada yang masuk. Pun demikian, lingkungan sekitar yang terdapat petugas keamanan khusus.

Motor yang digunakan tersangka saat beraksi. (foto:RSK)
Motor yang digunakan tersangka saat beraksi. (foto:RSK)

Kepada Wartawan DETAKKaltim.Com di lokasi kejadian, Ayu bercerita pencuri memasuki rumahnya sekitar Pukul 09:00WITA pagi hari. Dengan leluasa memasuki rumahnya yang dalam keadaan tak terkunci. Saat itu dia sedang berada di dalam kamar mandi. Sedangkan ketiga gadgetnya, terdiri atas sebuah Iphone 5, Samsung dan tab berada di kamar tidur raib.

“Nggak lihat tahunya kita pas lihat CCTV ternyata ada orang yang masuk ke rumah,” jelas Ayu.

Sejauh kasus ini dikembangkan, bisa ditebak proses penyelidikan tak menemui banyak kendala.  Hal itu tidak terlepas dari kejelian pihak keamanan komplek yang menempatkan CCTV di tiap sudut komplek.

“Setelah kami lihat rekamannya sepintas pelaku seperti kami kenal, cirinya seperti residivis kasus penggelapan,” jelas Kapolsek Balikpapan Utara AKP Sarbini didampingi Kanit Reskrim Iptu Subari.

Ya, tak lama setelah kejadian atau sekitar Pukul 11:30 WITA, Unit Reskrim Polsek Balikpapan Utara tiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Hasil penyelidikan menemui titik terang. Ciri-ciri pelaku pun dikantongi. Perburuan mengarah ke terduga pelaku tersebut.

“Kami lacak datanya dari Sepeda motor Mio putih (KT 2248 LZ) yang dipakainya,” terang Subari.

Akhirnya sekitar Pukul 15:00 WITA, pihaknya berhasil mengamankan sesosok pemuda yang dicurigai sebagai pelaku pencurian. Eko Dwiyanto (39) warga Jalan Gunung Traktor atau Gunung Bugis Rt 50 No 23 Kelurahan Baru Tengah Kecamatan Balikpapan Barat diamankan di rumahnya.

Lingkungan dan situasi rumah pelaku lebih dulu diintai petugas gabungan bersama Polres Balikpapan. Tak lama pelaku terlihat. Saat petugas masuk ke dalam rumah pelaku yang tidak terkunci, barang bukti ketiga gadget berhasil ditemukan.

Baca juga : Dua Kali Lolos Mencuri, Aksi Ketiga Tertangkap

Sebuah Hp Samsung Tab 1 lengkap dengan kotaknya,  Hp Samsung Galaxy J3 lengkap dengan kotaknya. Dan 1 unit Hp iphone 5 lengkap dengan kotaknya. Selain itu turut diamankan Sepeda Motor pelaku, helm merk JPX, selembar celana doreng 3/4 dan baju kerah berwarna putih yang dipakai pelaku saat mencuri. Sejauh ini Polisi masih mendalami motif pencurian yang dilakukan residivis tersebut. (Rsk)

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!