Amiluddin : Pengelolaan Keuangan Bontang Dalam Norma Kewajaran

Bontang Akan Dapat DID

0 182

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Kota Bontang mampu mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) di tahun 2020 ini. WTP Keenam yang diraih berturut-turut oleh Bontang ini merupakan hasil dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 yang dilaporkan Maret 2020.

Hal tersebut tentu menjadi satu kesyukuran bagi Pemerintah Kota Bontang, terutama Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bontang. Seperti yang dijelaskan oleh Kepala BPKAD Bontang Amiluddin, dimana hasil pemeriksaan lembaga audit keuangan daerah setiap tahunnya Kota Bontang masih diberikan predikat sebagai WTP.

“Ini WTP Keenam kali secara berturut-turut, sehingga Bontang akan mendapat Dana Insentif Daerah (DID),” jelas Amiluddin saat ditemui, Kamis (9/7/2020).

Dengan bertambahnya DID Kota Bontang dari hasil peraihan predikat WTP, semoga nilainya agak signifikan. Sehingga bisa menambah pundi-pundi saldo kas daerah Bontang.

“DID tersebut biasanya masuk di 2020 untuk anggaran 2021. Tapi kalau agak cepat bisa masuk di anggaran perubahan, tapi biasanya akhir tahun masuknya,” ujarnya.

Peraihan WTP Keenam kalinyapun, lanjut Amiluddin, karena Bontang dianggap pengelolaan keuangan daerahnya masih berada pada norma-norma kewajaran. Meskipun ia tak memungkiri jika masih adanya kekurangan-kekurangan.

“Kami berharap waktu 60 hari yang diberikan pada kami bisa menyelesaikan perbaikan-perbaikan. Karena biasanya kesalahan yang ditemukan merupakan kesalahan administrasi,” tutupnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bontang kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalimantan Timur, berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Bontang Tahun 2019. Opini WTP disampaikan BPK RI pada Selasa (23/6/2020) di Kantor BPR Samarinda Jalan M Yamin, Samarinda.

Berita terkait : Sukses Kelola Keuangan, Bontang Raih WTP Keenam Kalinya

Pada kesempatan itu, Wali Kota Botang Neni Moerniaeni yang menerima Piagam WTP menyampaikan, keberhasilan pengelolaan keuangan ini karena Pemkot Bontang telah memaksimalkan peran strategis dan akuntabilitasnya, sehingga memberi dampak pada kesejahteraan masyarakat Kota Bontang.

“Kebanggaan luar biasa karena berhasil mempertahankan penghargaan tersebut untuk keenam kalinya berturut-turut, sejak tahun 2014 hingga tahun 2019,” ujar Neni saat itu. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!