20 Tahun Jadi Penyuluh Kehutanan, Imam Zazuli Dianugerahi Logam Emas

Kerap Tidur di Hutan 3 Hingga 4 Malam

0 129

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Lebih dari 20 tahun sebagai Penyuluh Kehutanan di Kawasan Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Telake, Kecamatan Waru, Penajam Paser Utara (PPU), menuai banyak cerita Imam Zazuli.

Sebagai Penyuluh KPHP, menurut Imam, sangat bermanfaat untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat. Walau untuk itu banyak sekali kendala Penyuluh Kehutanan di lapangan, saat masuk ke Hutan.

“Aset jalan yang susah untuk mencapai lokasi, hingga harus 3 sampai 4 hari bermalam di Hutan. Kami harus sering-sering menginap di Hutan, untuk melakukan Penyuluhan Program Perhutanan Sosial, agar bisa dijalankan oleh masyarakat,” bebernya beberapa waktu lalu.

Perhutanan Sosial merupakan Sistem Pengelolaan Hutan Lestari yang dilaksanakan dalam Kawasan Hutan Negara, atau Hutan Hak/Hutan Adat yang dilaksanakan masyarakat setempat atau Masyarakat Hukum Adat setempat.

Baca Juga :

Menjadi Penyuluh Kehutanan sejak tahun 1991, menurut Imam, memberikan pengalaman yang menyenangkan karena bertemu banyak karakter masyarakat di Kawasan Hutan.

Atas dedikasinya mengabdi ke masyarakat di Kawasan Hutan, Imam Zazuli kemudian dianugerahi oleh Pemerintah Provinsi Kaltim sebagai PNS berprestasi dengan hadiah Logam Emas.

Begitu pula karena bertugas di Kawasan Hutan PPU yang seperti diketahui merupakan kawasan Ibu Kota Negara (IKN), Imam menjelaskan bagaimana reaksi warga setempat atas lahan mereka yang masuk kawasan IKN.

“Warga hanya minta kejelasan lahan mereka,“ terang Imam.

Karena kerap berinteraksi dengan masyarakat, Imam jadi mengetahui jika ada oknum yang bukan orang sana turut memanasi.

“Mereka inilah yang menghasut warga di Kawasan IKN.“ pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my

Editor  : Lukman

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!