15 Sekolah di Kukar Terima Siswa Baru Melalui Online

0 90

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur memastikan sebanyak 15 sekolah akan menggelar Peneriman Peserta Didik Berbasis (PPDB) online, tahun ajaran 2016/2017.

“Tahun 2016 ini ada sebanyak 15 sekolah yang akan menggelar PPDB online,” ujar Kepala Disdik Kukar, Wiyono, melalui Kepala Bidang Kabid Pendidikan Menengah Disdik Kukar, Tulus Sutopo.

15 sekolah tersebut terdiri dari tingkat SMP, SMA dan SMK, sementara tingkat SD baru ada satu sekolah yang melakukan uji coba, yakni SD Negeri 018 Tenggarong.

Dikatakannya, untuk tingkat SMP, yaitu SMP Negeri 1 Tenggarong, SMP Negeri 2 Tenggarong, SMP Negeri 3 Tenggarong, SMP Negeri 1 Muara Badak, SMP Negeri 1 Muara Jawa, dan SMP Negeri 1 Loa Janan.

Kemudian tingkat SMA, yaitu SMA Negeri 1 Tenggarong, SMA Negeri 2 Tenggarong, SMA Negeri 3 Tenggarong, SMA Negeri 1 Loa Kulu, SMA Negeri 1 Kota Bangun dan SMA Negeri 1 Muara Jawa. Sedangkan untuk SMK, ada SMK Negeri 1 Tenggarong, SMK Negeri 2 Tenggarong, dan SMK Negeri 3 Tenggarong.

Namun menurutnya, tak semua sekolah menerapkan penerimaan siswa berbasis online secara penuh, sebab ada kebijakan Disdik guna siswa-siswa yang masuk melalui jalur khusus karena berprestasi.

PPDB ini diharapkan agar penerimaan siswa baru setiap tahunnya lebih obyektif dan transparan, sebab seluruh lapisan masyarakat bisa memantau langsung proses penerimaan tersebut.

“PPDB ini kan semangatnya untuk transparansi, kalau manual banyak sikap skeptis masyarakat yang muncul dan menjadi polemik, seperti pilih kasih hingga titipan. Ini yang ingin kita hilangkan,” tegas Tulus. (HA)

 

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!