“…Tuhan Yang Maha Guyon” Rebut Juara I Lomba Penulisan Cerpen Tingkat Provinsi

0 317

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tujuh orang juri lomba penulisan cerita pendek (Cerpen) tingkat Sekolah Lanjutan Atas (SLTA) seluruh Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara memutuskan Cerpen dengan judul “Pesta Lampion dan Tuhan Yang Maha Guyon” karya Muhammad Jalil dari SMA IT Nurul Ilmi Tenggarong Kalimantan Timur sebagai juara I, Senin (17/10/2016).

Karya Muhammad Jalil tersebut menyisihkan 94 Cerpen lainnya yang dinilai berdasarkan isi, teknik penulisan, dan tata Bahasa.

Menurut panitia penyelenggara, tema Cerpen bebas namun tidak mengarah pada pornografi dan tidak berpotensi menimbulkan konflik yang berkaitan dengan SARA. Selain itu, Cerpen asli dan belum pernah dipublikasikan dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain.

Debat kecil mewarnai penentuan juara
Debat kecil para juri cukup mewarnai penentuan juara lomba penulisan Cerpen tingkat SLTA Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara 2016. (foto:Dok.KB)

“Lomba ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan apresiasi siswa SMA, MA, SMK seluruh Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara terhadap sastra,” ujar Imam Budi Utomo, Kepala Kantor Bahasa Kalimantan Timur dalam pengantarnya saat membuka lomba penulisan Cerpen.

Selain itu, lomba ini juga bertujuan mendorong kreativitas siswa dalam cipta sastra terutama di dalam penciptaan Cerpen Indonesia.

Lomba Cerpen yang dibuka sejak Bulan Agustus hingga 1 Oktober ini digelar Kantor Bahasa Kalimantan Timur, sebagai rangkaian puluhan lomba lainnya dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Satra.

Atas prestasinya, Muhammad Jalil berhak mendapatkan Piagam Penghargaan dan uang pembinaan senilai Rp3 juta.

Selain Muhammad Jalil, lima peserta lainnya juga memperoleh hadiah uang pembinaan atas prestasinya meraih peringkat dua hingga enam. Mereka adalah ;

– Istikharoh (SMAN 10 Samarinda) juara 2. Judul Cerpen “Si Kuas Berbakat”. Hadiah Rp2,5 juta.

– Abigail Lemiang Benua (SMA Kristen St.F. Asisi Samarinda) juara 3. Judul Cerpen “Theodoric Van Doonen dari Rumah Panjang Pietn Lio”. Hadiah Rp2 juta.

– Afifah Nurul (SMAN 3 Samarinda) juara 4. Judul Cerpen “Teh dan Satelit Jupiter”. Hadiah Rp1 juta.

– Sarina (SMKN 1 Bontang) juara 5. Judul Cerpen “Harapan”. Hadiah Rp750 ribu.

– Nonisa Adonanggar (SMAN 2 Tenggarong) juara 6. Judul Cerpen “Recto Verso”. Hadiah Rp500 ribu.

Berita terkait : Juara dari Balikpapan, Lomba Pewara Dalam Rangka Bulan Bahasa

Tujuh orang juri yang terlibat dalam memberikan penilaian masing-masing Amien Wangsitalaja, Inni Indarpuri, Siti Jumariyah, Fitriani Um Salva merupakan sastrawan. Sedangkan Diyan Kurniawati, Aquari Mustikawati perwakilan dari Kantor Bahasa. Satu orang juri dari Forum Bahasa Media Massa (FBMM) adalah S.Ibrahim.

Selain lomba penulisan Cerpen ini, sejumlah lomba masih digelar Kantor Bahasa Kalimantan Timur hingga Bulan Oktober berlalu, yang diusung dalam tema Pemartabatan Bahasa Indonesia. (LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!