Lom Plai Masuk Agenda Kemenparekraf RI

Nurullah: Lom Plai Tahun Ini Agak Berbeda

0 124

DETAKKaltim.Com, SANGATTA: Pagelaran budaya Lom Plai atau upacara ritual yang dilakukan oleh suku Dayak Wehea asal Kutai Timur (Kutim), kini masuk dalam agenda di even nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Hal ini sungguh membanggakan serta mengharumkan nama daerah. Pasalnya, kegiatan adat seperti ini memang sangat perlu untuk dijaga dan dilestarikan, supaya tidak lekang oleh jaman.

Seperti yang diungkapkan Kadispar Nurullah melalui Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Akhmad Rifani, yang juga menjadi ketua kegiatan Lom Plai 2023. Ia menyebut, tahun ini giat itu masuk dalam even nasional Kemenparekrat 2023.

“Lom Plai tahun ini agak berbeda, salah satunya karena sekarang kita masuk dalam even nasional Kemenparekrat 2023,” jelasnya, Jum’at (28/4/2023).

Lebih lanjut Nurullah menyebutkan, di Provinsi Kalimantan Timur ada tiga kegiatan yang masuk ke dalam even nasional. Selain Kutim, disusul pula oleh Balikpapan dan Kutai Kartanegara, khususnya Tenggarong.

“Ada tiga kegiatan di Kaltim yang masuk even besar, yaitu Balikpapan Fest, Tenggarong dan Lom Plai Kutim. Ini masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 dari 110 event se-Indonesia.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/Adv.Diskominfo

Editor: Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!