Bupati Kutim Minta Tarik Wisatawan dengan Pagelaran Budaya

Ardiansyah: Saya Sangat Mengapresiasi

0 191

DETAKKaltim.Com, SANGATTA: Banyak hal yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung, salah satunya dengan giat melakukan pagelaran budaya. Seperti upaya yang dilakukan Pemerintah Kutai Timur (Kutim).

Melalui Dinas Pariwisata (Dispar), Kutim terus berupaya mengembangkan pariwisata kesenian dan budaya. Bahkan rutin dilakukan setiap tahun.

Sudah banyak lokasi wisata di Kutim yang telah dieksplorasi, agar lebih baik dan mudah dijangkau pengunjung. Bahkan bukan hanya di Sangatta saja, tapi juga menyasar ke sejumlah Kecamatan.

Atas upaya tersebut, untuk kesekian kalinya, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengatakan mengapresiasi hal tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi terobosan atau kegiatan yang dilakukan oleh Dispar, ini sangat hebat,” ujar Ardiansyah, Senin (17/4/2023).

Menurut Ardiansyah, ini baik terutama agar mampu menjadi daya tarik wisawatan untuk berkunjung ke Kutai Timur. Salah satu yang baru saja dilaksanakan, kata dia, yakni pelaksanaan pesta adat dan budaya Lom Plai Muara Wahau.

“Kegiatan ini merupakan momentum yang berhasil menarik wisatawan untuk masuk ke Kutim, melalui pesta budaya dan kesenian daerah, saya pikir ini perlu untuk terus dikembangkan,” kata Ardiansyah lebih lanjut.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullah menyebutkan, Bupati memberikan arahan agar budaya yang ada di Kutim bisa berkolaborasi dengan pesta adat Lom Plai.

”Keberagaman budaya yang dimiliki Kutai Timur diharapkan dapat hidup berdampingan dengan baik, dan kolaborasi budaya di perhelatan Lom Plai bisa kita wujudkan secara bersama-sama,” jelas mantan Kadis Budaya itu.

Dia juga berharap, ke depan, Lom Plai bisa dihelat lebih meriah. Bahkan, keberagaman budaya yang ada di Kutim dapat dikenal lebih luas. Sehingga mampu berdampak bagi dunia ekonomi, khususnya ekonomi kreatif dan UMKM.

“Semoga ke depan, kegiatan budaya apapun yang ada di Kutim bisa menjadi motivasi bagi masyarakat, terutama untuk meningkatkan kreativitas.” tandas Nurullah. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/Adv.Diskominfo Kutim

Editor: Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!