Kerajinan Kulit Kerang Produk Unggulan UMKM Sekerat Bengalon

Ramah Lingkungan, Ardiansyah: Kita Ada Produk Unggulan

0 113

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Berjajar dengan rapi aneka macam barang-barang mulai dari Tempat Tisu, Vas Bunga, Nampan hingga Lampu Hias. Sekilas, barang-barang itu seperti terbuat dari Marmer, dengan warna putih gading serta sedikit corak yang khas.

Saat disentuh dan diperhatikan lebih seksama, barang-barang buatan dari pelaku UMKM Pantai Sekerat, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur ini ternyata terbuat dari Kulit Kerang yang diolah sedemikian rupa. Kerajinan dari Kulit Kerang ini merupakan salah satu produk unggulan UMKM Desa Sekerat Bengalon.

“Awalnya melihat Kulit Kerang banyak menjadi sampah saja, sedangkan di luar negeri seperti Filipina, Kulit Kerang ini sudah bisa dijadikan kerajinan tangan seperti ini,” papar Kades Sekerat, Bengalon, Sunandika, Selasa (25/4/2023).

Sunandikapun berharap agar apa yang dihasilkan dari pelaku UMKM yang ada di Desa Sekerat itu, bisa terus berkembang dengan pendampingan dan binaan Dinas Koperasi dan UKM Kutim.

“Harapan kami produk olahan Kulit Kerang ini bisa menjadi produk unggulan dari Desa Sekerat, khususnya dan Kutim pada umumnya dan berharap bisa menembus pasar ekspor,” harap Sunandika.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang melihat langsung olahan Kulit Kerang tersebut, memberikan apresiasi dan iapun mengacungi jempol hasil olahan yang bersumber dari laut.

Alhamdulillah kita ada produk unggulan Desa Sekerat olahan, yang bersumber dari laut. Saya meminta GenPro untuk melakukan kurasi secepatnya. Mudah-Mudahan menjadi peluang yang lebih bagus lagi di tingkat pasar.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV

Editor: Lukman

(Visited 110 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!