Sosialiasi di SMK Muhammadiyah, KPU Balikpapan Disambut Hangat

0 231

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melakukan sosialisasi ke Muhammadiyah Balikpapan tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan Tahun 2020, Senin (9/12/2019) pagi.

Sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut, di antaranya Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, Komisioner KPU Kota Balikpapan Ridwansyah Heman, Kepala SMK Muhammadiyah Balikpapan Syahrul, yang diikuti peserta sebanyak 36 siswa Kelas 12 yang sudah berusia 17 tahun dan sudah memiliki KTP Elektronik.

Ada dua hal penting yang disampaikan oleh Noor Thoha dalam sosialisasi ini. Pertama adalah tentang hak pilih. Dan kedua adalah tentang calon walikota dan wakil kota yang harus dikenak dan diketahui oleh semua pemilih, khususnya pemilih pemula seperti para siswa di SMK Muhammadiyah ini.

“Jadi syarat utama untuk bisa menjadi pemilih pada Pilkada nanti harus memiliki KTP Elektronik. Ini mutlak. Namun kalau sekarang belum berusia 17 tahun, tetapi pada Pilkada 23 September 2020 nanti sudah berusia 17 tahun, sudah bisa menjadi pemilih,” ujar Noor Thoha.

Bukan hanya membahas tentang persyaratan sebagai pemilih, khususnya pemilih pemula di kalangan sekolah. Thoha juga menghimbau agar para siswa tidak asal pilih dalam memilih calon walikota dan wakil walikota Balikpapan. Ia menghimbau agar para siswa harus mengetahui rekam jejak para calon tersebut.

“Jadi saya mohon, kalian harus benar-benar mengetahui latar belakang para calon walikota tersebut. Jadi jangan asal pilih. Dan jangan pula hanya melihat spanduk calonnya saja. Tetapi kalian saya himbau harus cari tahu latar belakang para calon tersebut,” kata Thoha.

Ia mencotohkan, apakah dia pernah melakukan tindakan melawan hukum hingga dipenjara. Atau dia preman. Atau misalnya dikenal tidak baik di mata sebagian masyarakat.

“Kalianlah yang menentukan sendiri, siapa yang bakal kalian pilih nanti berdasarkan penilaian dan hati nurani kalian sendiri. Untuk itu pilihlah yang karakternya baik dan dikenal sebagai orang yang baik. Intinya, kalianlah yang menentukan sendiri dan saya himbau agar kalian tidak ikut-ikutan untuk tidak mencoblos pada hari H nanti. Satu suara dari kalian itu sangat penting dalam proses demokrasi,” kata  Noor Thoha lebih lanjut.

Kepala SMK Muhammadiyah Balikpapan mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas kehadiran KPU Kota Balikpapan di sekolahnya. Menurutnya kehadiran para komisioner KPU Kota Balikpapan itu dapat memberikan pemahaman kepada para siswa yang masuk sebagai pemilih pemula.

“Saya sangat berterimakasih dan menyambut baik atas sosialisasi yang dilakukan KPU Kota Balikpapan di sekolah kami. Agar para siswa kami ini, khususnya pemilih pemula sudah memahami tentang pentingnya mengikuti Pilkada Kota Balikpapan. Saya juga berharap, agar KPU bukan hanya melakukan sosialisasi di sekolah kami, tetapi di sekolah-sekolah lain juga turut serta dalam sosialisasi yang digagas KPU Kota Balikpapan ini,” ujar Syahrul bersemangat. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!