Penerapan SPBE di Kecamatan Loa Janan Dikombinasi Manual

Hery: Tidak Bisa Seluruhnya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Camat Loa Janan Hery Rusnadi, mengungkapkan bahwa implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) telah diterapkan di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan keterbukaan di ranah administrasi pemerintahan, Hery menyoroti penyelesaian beberapa persoalan terkait surat menyurat dengan menerapkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi, yang dikenal sebagai srikandi.

“Kita akan terapkan dan memang kalau berbasis elektronik, surat menyurat kita sudah pakai srikandi,” ujar Hery, sapaan akrabnya.

Meskipun penerapan SPBE telah mengatasi sejumlah kendala, Hery mengakui bahwa masih terdapat beberapa proses yang dikombinasikan dengan metode manual.

Hal ini disebabkan oleh kenyataan, bahwa tidak semua unit pelayanan yang dilayani sepenuhnya menggunakan sistem berbasis elektronik.

Sebagai contoh, beberapa dokumen masih memerlukan cetakan fisik, sementara yang lain dikirimkan dalam format PDF.

“Masih dikombinasikan dengan manual, tidak bisa seluruhnya. Karena tidak semua unit pelayanan yang kita layani itu menggunakan itu, misalnya masyarakat harus tetap ada yang di print out, ada juga yang memang kita kirimkan pdfnya,” ujar Hery, usai Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi GCIO di Hotel Merecure Samarinda, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga:

Hery menyatakan kesiapannya untuk mendukung Diskominfo dalam inisiatif terkait SPBE, serta menyoroti aspek data sender dan pelayanan kependudukan yang juga telah beralih ke platform berbasis elektronik.

Dengan langkah-langkah ini, Kecamatan Loa Janan berusaha terus beradaptasi dan meningkatkan layanan publik dalam era digital ini.

“Kami siap menunjang apa yang disampaikan Diskominfo, hal-hal lain terkait SPBE, data sender, termasuk pelayanan kependudukan kan juga sudah berbasis elektronik.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 98 times, 6 visits today)
Hery CamatSPBE Manual
Comments (0)
Add Comment