Pertama di Indonesia, Kukar Susun IKD ASN 2023

Edi: Masyarakat Kutai Kartanegara Patut Berbangga

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Untuk pertama kalinya di Indonesia, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil menyelenggarakan pengukuran Indeks Kompetensi Digital (IKD) Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023.

Hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital ini menjadi pondasi bagi pengembangan SDM ASN Kukar, pada lima area kompetensi digital. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar bersama dengan Yayasan Rumah Inovasi Digital, di Balikpapan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah pada saat sosialisasi atau public expose hasil pengukuran Indeks Kompetensi Digital, dalam kesempatan Rapat Koordinasi Manajemen Kepegawaian untuk Penguatan Penilaian Indeks Profesionalitas ASN di Hotel Novotel Balikpapan beberapa waktu lalu.

“Masyarakat Kutai Kartanegara patut berbangga hati dan menyambut baik inovasi pengukuran indeks yang diadakan pertama kalinya di Indonesia ini, karena dampak positifnya akan dirasakan secara langsung. Terutama pada aspek peningkatan kualitas pelayanan publik dan pemerintahan, di lingkungan Pemkab Kukar,” ungkap Edi.

Inovasi tersebut, lanjut Edi, adalah perwujudan transformasi digital yang digaungkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Aparatur Sipil Negara perlu meningkatkan kompetensi digital untuk menyambut Indonesia Emas 2045, dengan memanfaatkan terobosan teknologi informasi dan komunikasi,” tegas Bupati Kukar periode 2019-2024 ini.

Baca Juga:

Yang membuat saya kagum adalah, beber Edi, proses pengukuran ini berlangsung selama satu hari (4/8/2023) saja. Yaitu mulai Pukul 08:00 hingga 16:00 Wita dengan responden 10.303 ASN Kukar dari total populasi 12.500 pegawai PNS dan PPPK.

Edi menegaskan, hasil pengukuran tersebut diperoleh dari 94 unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar, terdiri dari 7 badan, 24 dinas, Satpol PP, 2 Setda dan Setwan, 18 Kecamatan, 3 RSUD dan 18 Puskesmas, 20 UPT Pendidikan, dan Inspektorat. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 81 times, 1 visits today)
Edi BupatiIKD ASN
Comments (0)
Add Comment