Tanggapi Keluhan Warga, AFI Kunjungi Desa Mulawarman

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Awang Faroek Ishak (AFI), Gubernur Kaltim mengunjungi Desa Mulawarman, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Selasa (18/4/2017) pagi.

Kunjungan kerja AFI ke desa ini sebagai jawaban atas surat yang dikirim Mulyono, Kepala Desa Mulawarman terkait keluh kesah warganya yang meminta direlokasi dengan sejumlah alasan. Di antaranya banyak lahan pertanian beralih fungsi menjadi lahan tambang batubara, pada hal mata pencaharian utama warga adalah bertani di sawah dan di ladang.

Alih fungsi lahan tersebut tidak lepas dari sumber air yang digunakan untuk mengairi persawahan telah mati, akibat aktivitas tambang PT Jembayan Muara Bara dan Kayan Putra Utama Coal yang kini hanya berjarak sekitar 50 hingga 100 meter dari pemukiman warga. Hal ini menyebabkan Desa Mulawarman sudah tidak layak untuk dihuni, sebut Mulyono, dalam suratnya yang dibacakan secara terbuka di hadapan Gubernur Kaltim dan ratusan warga Desa Mulawarman di lapangan Bola Desa Mulawarman.

Menanggapi surat tersebut, AFI di hadapan warga Desa Mulawarman mengatakan ini contoh Kepala Desa yang baik.

“Anda tidak salah pilih,” sebut AFI.

Dalam perjalanannya menuju Desa Mulawarman yang dihuni transimigran dari Pulau Jawa sejak tahun 1981, AFI mengatakan menyaksikan sejumlah sawah di sekitar tambang, namun orang nomor 1 di Kaltim ini meyakini itu bukan lagi milik warga.

“Seharusnya desa ini adalah desa transmigrasi. Mengerti transimigrasi itu? Dari daerah Jawa anda dipindahkan kemari untuk ditingkatkan kesejahteraannya, bukan untuk semakin miskin,” sebut AFI.

Menurutnya, saat ini ada 1.404 Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kaltim akan ditertibkan. Meski kewenangan penataan izin pertambangan berada di tangan gubernur saat ini, namun usulan warga untuk diminta direlokasi dari tempat itu tidak bisa diputuskan saat ini.  Harus dilakukan rapat terlebih dahulu dengan tim terpadu yang telah dibentuk yang diketuai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

“Masukan dari kepala Desa kami terima dengan baik,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini Gubernur Kaltim disertai Kasdan VI/Mulawarman dan pejabat dari Polda, Kejati serta sejumlah pejabat terkait di lingkungan SKPD terkait di  Kaltim. Selain itu juga hadir Chairil Anwar selaku asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Kukar dan Kepala Desa Mulawarman, Mulyono. (LVL)

 

(Visited 6 times, 1 visits today)
Desa MulawarmanRelokasi WargaTambang Batubara
Comments (0)
Add Comment