Rumput Liar dan Eceng Gondok “Hiasi” Dermaga Speed Boat Pasar Pagi Samarinda

Teguh : Mengganggu Pelayanan Armada Speed Boat

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Aktivitas perairan Sungai Mahakam terganggu akibat tumpukan sampah berupa rumput liar dan Eceng Gondok, yang berada di kawasan perairan Dermaga Mahakam Ilir, Kelurahan Pasar pagi, Kecamatan Samarinda Kota, Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya pengguna Speed Boat yang melintas di kawasan tersebut.

Teguh Setiawardana, Kabid Angkutan Dishub Samarinda mengatakan, jika sebelum terjadinya penumpukan sampah tersebut, ia beserta gabungan relawan Kota Samarinda pernah membersihkan sampah di sekitar dermaga. Namun kiriman sampah dan rumput liar dari Mahakam Ulu terus berdatangan, dan dikhawatirkan nantinya akan mengganggu aktivitas kapal kecil yang melintas.

“Jadi sampah ini sudah kami bersihkan menggunakan Tug Boat, hal ini jelas mengganggu pelayanan armada Speed Boat, selain itu hal ini kan tidak sedap dipandang mata,” ucap Teguh kepada DETAKKaltim.Com, Senin (8/3/2021).

Baca juga : Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/AWL Bersama Warga Pasang Lampu Jalan

Teguh juga menambahkan, jika dikhawatirkan sampah tersebut menumpuk di bawah kolong dermaga sehingga nantinya akan memberi beban terlalu berat kepada tiang bawah dermaga.

“Jika dibiarkan terus menumpuk seperti ini ditakutkan terjadi penyumbatan besar di bawah Jembatan dermaga, dan otomatis beban tersebut bisa merusak tiangnya ,” lanjut Teguh.

Dinas Perhubungan berharap agar persoalan ini dapat segera diselesaikan instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, agar sampah tidak merambat ke bawah bangunan Dermaga Mahakam Ilir dan dapat menjaga keindahan Sungai Mahakam. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 21 times, 1 visits today)
Dermaga MahakamEceng GondokRumput LiarSpeed Boat
Comments (0)
Add Comment