KRI Badik-623 Evakuasi 9 Orang ABK KLM Karya Sejati ke Toli-Toli

Ditemukan MV BW Paris Terombang Ambing di Selat Makassar
KRI Badik – 623 tiba di Toli-Toli. (foto : Exclusive)

DETAKKaltim.Com, TARAKAN : Rencana evakuasi 9 orang yang ditemukan Kapal BW Paris CSO terombang ambing di Laut Selat Makassar bagian utara-timur Tarakan ke Dermaga Lantamal XIII/Tarakan, dialihkan ke Lanal Toli-Toli, Sulawesi Tengah, dikarenakan sebagian besar korban adalah warga Toli-Toli.

Demikian disampaikan Dansatrol Lantamal XIII/Tarakan dalam keterangan tertulisnya, yang diterima DETAKKaltim.Com, Jum’at (14/10/2022) Pukul 08:53 Wita.

Dede Hariana Kasi Ops dan Siaga Kantor SAR Tarakan yang dikonfirmasi terkait informasi tersebut, membenarkan.

“Betul,” kata Dede singkat lewat pesan WhatsApp.

Selang beberapa jam kemudian diperoleh informasi dari Dansatrol Lantamal XIII/Tarakan, telah dilaksanakan Merplug WD KRI Badik – 623 BKO Guspurla II Ops Balat Samudera 22, dalam rangka evakuasi 9 orang ABK KLM Karya Sejati dari MV BW Paris, di Dermaga I Pelabuhan Dede Toli-Toli, Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Seluruh korban KLM Karya Sejati yang berjumlah 9 orang diterima dalam keadaan selamat. Danlanal Toli-Toli Letkol Laut (P) Suharto melaksanakan pengecekan kondisi 9 orang korban di KRI Badik – 623, sebelum kemudian para korban dibawa ke BP Lanal Toli-Toli untuk dilaksanakan pengecekan kesehatan.

Beberapa saat sebelumnya dilaksanakan penandatanganan Berita Acara serah terima, oleh Komandan KRI Badik – 623 Letkol Laut (P) Hafidz kepada Danlanal Toli-Toli.

KRI Badik – 623 merupakan unsur yang melaksanakan patroli di Perairan Laut Sulawesi, dalam rangka melaksanakan OPSGAB Balat Samodra-22 di bawah Komando Gugus Tempur Laut Koarmada II.

Berita Terkait :

Sebelumnya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Tarakan menyampaikan telah terjadi kecelakan Kapal dengan Passanger on Board (POB) 9 orang di Perairan Selat Makassar.

Dalam keteragan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com Pukul 07:38 Wita, melansir informasi yang diterimanya, Kepala KPP Tarakan Syahril melalui Kasie Ops dan Siaga Dede Hariana mengatakan berdasarkan laporan yang diterima, Kamis (13/10/2022) Pukul 20:15 Wita, kecelakaan tersebut terjadi, Kamis (13/10/2022) Pukul 14:40 Wita.

“Terima info dari Dansatrol Lantamal XIII/Tarakan, bahwa  Kapal BW Paris CSO berbendera Singapura menemukan 9 orang terombang-ambing di Laut Selat Makasar bagian utara-timur Tarakan dengan liferaft,” jelas Dede. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 41 times, 1 visits today)
Danlanal Toli-ToliKLM Karya SejatiKRI Badik-623MV BW Paris
Comments (0)
Add Comment