Ketua Pengadilan Negeri Samarinda Silaturrahmi dengan Wartawan

Darius : Saya Sudah Terbiasa dengan Rekan-Rekan Wartawan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Ketua Pengadilan Negeri (PN) Samarinda Darius Natalie bersilaturrahmi dengan para Wartawan, yang biasa ngepos di Pengadilan Negeri Samarinda, Rabu (29/12/2021).

Pada kesempatan pertemuan di Ruang Command  Center lantai 2 PN Samarinda, Darius yang baru 2 bulan menjabat sebagai Ketua PN Samarinda menggantikan Hongkun Otoh mengaku sudah terbiasa dekat dengan insan Pers dimanapun  bertugas.

Darius terlihat santai, sehingga suasana keakrabanpun langsung terjalin dengan para wartawan.

“Saya sudah terbiasa dengan rekan-rekan Wartawan, karna pernah menjabat sebagai Humas,” ujar Darius.

Dalam pertemuan itu, Darius menjelaskan bagaimana SOP kinerja Pengadilan sesuai visi dari Mahkamah Agung.

“Kami akan terus menata Sistim Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)  lebih baik sesuai visi dari MA, menjadikan Pengadilan Agung dan moderen,” ujarnya.

Darius mengaku pada prinsipnya sangat senang meneruskan tugas yang dilakukan oleh Ketua PN lama Hongkun Otoh, yang sudah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik.

Walaupun demikian, semua kebijakan yang bagus dari beliau akan tetap dia lanjutkan. Namun dalam kondisi dinamika perkembangan, Darius mengaku akan terus melakukan perubahan, baik dari segi fisik bangunan PN hingga sistim Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Baca Juga :

Menurut Darius, sejak 2018 Mahkamah Agung menetapkan setiap Pengadilan di Indonesia harus menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dimana  masyarakat yang akan berurusan dengan Pengadilan cukup selesai di PTSP saja.

Setidaknya, kata Darius lebih lanjut, minimal harus ada 4 kotak meja pelayanan yang bisa melayani kebutuhan masyarakat yang akan berurusan.

4 meja pelayanan yang dimaksud ini adalah, meja pelayanan, perdata, pidana, dan hukum.

“Khusus untuk Pengadilan Negeri Kelas 1A di Ibu Kota Provinsi ditambah Pelayanan Tipikor dan Hubungan Industrial (HI),” jelas Darius.

Lanjut kata Darius, setiap Pengadilan Negeri juga mulai menerapkan tempat  bermain khusus anak.

“Tempat ini sengaja disiapkan untuk orang tua yang membawa anaknya hadir di Pengadilan,” jelasnya lebih lanjut.

Dalam silaturrahmi dengan Wartawan ini, Kepala PN Samarinda didampingi Wakil Ketua PN Samarinda Hasanuddin, Humas PN Rakhmad Dwi Nanto, Sekretaris PN Samarinda, dan sejumlah Hakim lainnya bersama Panitera. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : ib

Editor  : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Ketua DariusPengadilan Samarinda
Comments (0)
Add Comment