Kepala Disnaker Kaltim Buka Pelatihan Kerja di BLKI Bontang

Diharapkan Lahirkan Tenaga Kerja Kompeten
DETAKKaltim.Com, BONTANG : Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur Suroto, membuka Kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas Tahun 2020 di UPTD Balai Latihan Kerja Industri Bontang, Selasa (29/9/2020).

Pembukaan Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Pelatihan Plate Welder Smaw 3g-up/pf, program pelatihan pemasangan listrik bangunan sederhana program pelatihan pemeliharaan berkala kendaraan ringan sistem konvensional program service sepeda motor konvensional tersebut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja  Bontang, Kepala UPTD BLKI Bontang, dan Instruktur Pelatihan, serta peserta pelatihan.

Dalam sambutannya, Suroto mengatakan, kita menyadari bahwa tuntutan kualitas dan kompetensi tenaga kerja semakin meningkat. Persaingan yang semakin besar membutuhkan kesiapan tenaga kerja yang berkompeten.

“Dengan dibukanya pelatihan berbasis kompetensi ini sedikitnya banyak diharapkan mampu memenuhi tuntutan tersebut, meskipun secara kualitas dan kuantitas masih perlu pembinaan lebih lanjut, sehingga kontribusi nyata untuk menciptakan tenaga kerja yang mandiri, kompeten dan berdaya saing dapat terwujud,” kata Suroto.

Ia juga mengatakan, saat ini berdasarkan data dari BPS Provoinsi Kaltim, diketahui Kota Bontang adalah daerah dengan tingkat pengangguran tertinggi dibanding dengan daerah lain di Provinsi Kalimantan Timur.

Kepada peserta pelatihan, ia berpesan agar tertib dan mengikuti aturan pelatihan, hadir tepat waktu dan menjaga ketertiban.

Baca juga : Pekerja PT CAK DiPHK, Disnaker Kaltim Anjurkan Perusahaan Bayar Pesangon

“Pelatihan ini di samping mengasah ilmu dan keterampilan, juga mengasah mental dan etika,” tegasnya.

Pokok penekanan dari pelatihan berbasis kompetensi ini, lanjut Suroto, adalah merupakan pembentukan sikap dan etika bekerja, karena apabila kita pandai, terampil secara teknis namun secara etika kurang, maka dunia kerja tidak akan pernah menerima kehadiran tenaga kerja semacam itu.

“Oleh karena itu mari kita berlatih, bekerja dengan terampil dan beretika agar suatu saat nanti kita sudah terbiasa dengan aktivitas dan prilaku yang baik tersebut,” tandasanya.

Kepada peserta pelatihan ia ucapkan selamat mengikuti pelatihan ini, semoga dapat menyerap semua ilmu yang diberikan oleh instruktur, serta dapat menerapkannya di dunia kerja. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
Balai LatihanBLKI BontangKepala Disnakertrans
Comments (0)
Add Comment