Kadisnakertrans Kaltim Buka Kegiatan Pelatihan Keterampilan di Balikpapan

Diterima 48 dari 345 Pendaftar dari Balikpapan dan PPU
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur menggelar kegiatan pelatihan untuk para pekerja, Selasa (20/10/2020).

Pelatihan yang yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Balikpapan itu merupakan pelatihan berbasis kompetensi Program Pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran III, Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana, dan Pemeliharaan Berkala Kendaraan Ringan.

Untuk Program Pelatihan Pengelolaan Administrasi Perkantoran dan Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana akan berlangsung selama 33 hari kerja, sedangkan pada Program Pemeliharaan Berkala Kendaraan Ringan dilaksanakan selama 38 hari kerja.

Berdasarkan laporan panitia penyelenggara yang didapatkan DETAKKaltim.Com, sejak pendaftaran dibuka Maret hingga ditutup 19 Agustus 2020 jumlah calon peserta yang mendaftar sebanyak 345 orang, namun yang dinyatakan lolos seleksi hanya sebanyak 48 orang, para peserta diketahui berasal dari Balikpapan dan Penajam Paser Utara (PPU).

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur untuk mampu bekerja atau hidup mandiri, sehingga mampu menekan angka pengangguran. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan daya saing Tenaga Kerja dan sebagai upaya meminimalisasi pengangguran, khususnya di tengah pandemi Covid-19,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim Suroto dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan tersebut.

Berita terkait : Pesan Kadisnaker Kaltim Kepada 64 Peserta Pelatihan Kerja

Kegiatan pelatihan ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Timur, dengan melibatkan UPTD Balai Latihan Kerja di kabupaten/kota di Kaltim. Para peserta yang mengikuti program pelatihan akan mendapatkan pakaian kerja, asuransi, hand out modul, alat tulis, dan uang transport.

Sebelumnya, Disnakertrans Kaltim melalui UPTD BLKI Kota Bontang juga menyelenggarakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi berupa Program Plate Welder Smaw 3g-up/pf, Program Pelatihan Pemasangan Listrik Bangunan Sederhana, Program Pelatihan Pemeliharaan Berkala Kendaraan Ringan Sistem Konvensional, dan Program Service Sepeda Motor Konvensional  yang diikuti puluhan peserta. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Kadisnakertrans KaltimPelatihan KeterampilanUPTD BLKI
Comments (0)
Add Comment