Festival Bakar Ikan, DPD PDIP Kaltim Ajak Masyarakat Menyukai Kuliner Nusantara

Marten : PDIP Ingin Menggali Potensi-Potensi di Negara Ini
Marten Apuy, Pengurus DPD PDIP Kaltim. (foto : LVL)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : PDI Perjuangan menggelar Festival Bakar Ikan Nusantara dengan Lomba Memasak dan Makan Bareng Sajian Kuliner Nusantara, dengan konsep lintas daerah secara serempak di seluruh Nusantara, Sabtu (25/6/2022).

Kegiatan Sajian Kuliner Nusantara Festival Ikan Bakar 2022 bukan hanya digelar di Hall B JCC Jakarta, namun juga digelar di 34 Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan di 500 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan seluruh Indonesia.

Di Kaltim, kegiatan yang digelar di Sekretariat DPD PDIP Jalan AW Syahranie Samarinda, diikuti Pengurus Sayap PDIP dan pengurus DPD PDIP Kaltim dengan menyiapkan sekitar 50 Kg Ikan. Acara bakar Ikan itupun digelar di puncak Sekretariat, yang berlantai 4 tersebut.

“Ini merupakan salah satu kegiatan partai untuk merefleksikan keinginan dari Bung Karno, bagaimana menyatukan keharmonisan dalam kebudayaan se-Nusantara melalui kuliner,” jelas Marten Apuy, salah satu Pengurus DPD PDIP Kaltim yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatana ini, kata Marten lebih lanjut, digelar agar bisa menyatu dengan kondisi alam dan juga dalam rangka menjaga kondisi lingkungan secara baik.

Disebutkan mantan anggota DPRD Kaltim ini, berbagai macam Ikan dibakar dalam kegiatan ini. Mulai dari Ikan Patin, Ikan Baung, Ikan Mas, hingga Ikan Nila.

BERITA TERKAIT :

Marten berharap kegiatan ini bisa mengingatkan kepada masyarakat jika Indonesia kaya akan sumber daya alam nabati dari Ikan, yang banyak mengandung protein. Sehingga ia mengajak masyarakat Kaltim khususnya, untuk gemar makan Ikan.

“Dalam Ikan ini banyak sekali mengandung protein yang sangat diperlukan oleh tubuh kita, terutama bagi otak. Supaya otak kita itu memiliki vitamin yang cukup, sehingga kita menjadi satu bangsa yang cerdas,” jelas salah satu politisi senior PDIP di Kaltim ini.

Iapun mencontohkan, bagaimana anak-anak masyarakat Nelayan di pingir pantai banyak yang cerdas lantaran banyak mengkonsumsi Ikan.

Kegiatan yang sering dilaksanakan PDIP ini diharapkan Marten bisa menjelaskan ke masyarakat, jika PDIP ingin menggali potensi-potensi di negara ini yang kaya akan kebudayaan, sehingga jangan sampai terpengaruh dengan budaya kuliner dari luar.

Dalam Buku Mustika Rasa warisan Bung Karno, kata Marten, resepnya itu digali dari bumi Nusantara ini.

“Kita sudah bikinkan buku yang tebal itu, kita ingin sampaikan kita punya Buku Mustika Rasa itu yang sangat luar biasa. Tinggal kita kembangkan, kita ingin mengeksplorasi apa yang menjadi potensi di negara kita ini.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
#DETAKKaltim.ComBakar Ikan NusantaraDPD PDIPKuliner NusantaraMarten Apuy
Comments (0)
Add Comment