Bazar Ramaikan MTQ Kukar, Peluang Ekonomi Kreatif

DETAKKaltim.Com. TENGGARONG : Selain sebagai syiar Islam, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

“Banyaknya kafilah dan keramaian pengunjung pada MTQ bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menampilkan dan menjual produk usaha kreatifnya,” ujar Asisten IV Bidang Kesra dan Humas Setkab Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur H Bahrul, ketika membuka bazar Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam rangka memeriahkan MTQ, Senin (21/3/2016) di lapangan Bola Volly , Desa Sebulu Ilir.

Bahrul mengataan, banyak peluang ekonomi yang bisa dimanfaatkan masyarakat, di antaranya dengan menampilkan kuliner dan jajanan khas setempat, kerajinan tangan, dan barang lainnya sebagai suvenir atau buah tangan.

“Silahkan manfaatkan keramaian ini, namun tetap tertib dan rapi,” ujarnya.

Asisten IV Bidang Kesra dan Humas Setkab KukarH Bahrul (tengah berbicara) saat membuka bazar UKM dalam rangka memeriahkan MTQ di Sebulu. (foto;HA)

Camat Sebulu Murjani dalam laporannya mengatakan, dalam bazar UKM tersebut terdapat 48 tenda yang merupakan kerjasama dengan pihak swasta dan bank setempat. Tenda tersebut menurutya telah dipesan untuk diisi para pedagang dan UKM yang ada di Sebulu.

Bazar UKM yang berlangsung hingga tanggal 2 April 2016 atau saat penutupan MTQ itu, akan buka mulai sore dan malam hari.

“Untuk malam hari, bazar UKM ini baru buka setelah kegiatan lomba atau pertandingan MTQ selesai, sehingga tak mengganggu jalannya MTQ,” demikian ujarnya.

Bazar UKM tersebut juga tampak diramaikan dengan kehadiran aneka wahana permainan anak-anak. (HA)

 

(Visited 5 times, 1 visits today)
Bazar MeriahkanEkonomi KreatifMTQ Kukar
Comments (0)
Add Comment