45 Anggota DPRD Balikpapan Ikuti Orientasi, Abdullah : Ini Penting

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Gubernur Kaltim Haji (H) Isran Noor membuka kegiatan orientasi anggota DPRD Kabupaten/Kota seluruh Kalimantan Timur di Lamin Etam Kantor Gubernur Kaltim, Senin (16/9/2019) sore.

“Selamat kepada saudara-saudara yang telah menjadi anggota DPRD, semoga kegiatan orientasi membawa mamfaat,” kata Isran dalam sambutannya.

Satu di antara Kabupaten/Kota yang mengikuti kegiatan ini adalah DPRD Kota Balikpapan yang berjumlah 45 orang.

“Alhamdulillah dari semua anggota berjumlah 45 hadir semua, didampingi oleh Sekretariat,” kata Abdullah, Ketua DPRD Balikpapan yang ditemui usai pembukaan.

Dari 45 anggota DPRD Kota Balikpapan tersebut, disebutkan Abdullah 18 di antaranya merupakan wajah baru. Karena itu, kegiatan orientasi ini penting bagi anggota DPRD. Untuk anggota DPRD yang lama ini adalah pendalaman, dan ini hanya dilaksanakan sekali dalam 5 tahun bagi anggota DPRD yang baru dilantik.

Ia juga menjelaskan DPRD itu memiliki 3 fungsi, yaitu fungsi legislasi, budgeting, dan fungsi pengawasan. Kegiatan ini akan diselenggarakan selama 4 hari, 16-19 September 2019 yang dilaksanakan di Hotel Harris Samarinda.

Kegiatan orientasi DPRD ini telah diatur berdasarkan aturan orientasi anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang peraturan daerah, serta peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 14 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 133 tahun 2017, tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota. (LVL)

(Visited 11 times, 1 visits today)
Anggota DPRDBudgeting LegislasiOrientasi Fungsi
Comments (0)
Add Comment