Desa Jembayan Tengah Gelar Festival Kampoeng Seraong Ke-4

 Mas Nur:  Melibatkan Para Pelaku UMKM       

0 35

DETAKKaltim.Com, LOA KULU: Desa Jembayan Tengah, Loa Kulu, Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, menggelar acara Festival Kampoeng Seraong yang Ke-4 untuk tahun ini. Acara tersebut secara resmi dibuka Camat Loa Kulu Adriansyah, Kamis (6/6/2024).

Festival tahunan ini diadakan bertepatan dengan ulang tahun Desa, berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Adriansyah mengatakan bahwa Festival Kampong Seraong merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, dan Desa.

Inisiatif ini mendukung Desa-Desa berbudaya dan kreatif sesuai dengan arahan kebijakan Bupati, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa melalui kegiatan budaya.

“Harapan kami, OPD di Kukar seperti Disdikbud dan Dinas Pariwisata terus memberikan dukungan untuk menggelar festival di Desa-Desa,” ungkap Adriansyah.

Baca Juga:

Sementara itu, Kepala Desa Jembayan Tengah Mas Nur menjelaskan, bahwa rangkaian kegiatan Festival Kampong Seraong dimulai pada 5 Juni 2024 dengan acara adat Tempong Tawar, diikuti pembukaan resmi pada 6 Juni 2024.

Festival ini menampilkan beragam acara menarik seperti Pentas Kesenian, Pawai, Perlombaan, Bazaar, Zumba, Doorprize, serta pertunjukan Seni Adat Seraung dan Seni Adat Topeng Pantul.

Selain itu, ada workshop pembuatan Seraong, Lomba Gasing, Lomba Azan untuk anak-anak, dan acara Tabligh Akbar.

“Dengan adanya kegiatan ini, roda perekonomian masyarakat bergerak karena melibatkan para pelaku UMKM yang telah disediakan stan untuk menjual produk olahannya,” kata Mas Nur.

Mas Nur menambahkan, acara ini bukan hanya menampilkan kesenian, tetapi juga bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat. Festival ini mendapat dukungan dari Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta perusahaan-perusahaan di sekitar Desa Jembayan Tengah.

“Kegiatan ini kami jadwalkan setiap tahun bertepatan dengan ulang tahun Desa Jembayan Tengah pada 6 Juni. Harapannya, festival ini tetap berlanjut karena sangat membantu perekonomian masyarakat kami di Desa Jembayan Tengah.” pungkas Mas Nur. (DETAKKaltim.Com/ADV Prokom)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 28 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!