Puluhan UMKM Binaan DPK Kaltim Meriahkan Pameran HKN Ke-53

Ivan: Memperkenalkan Cinderamata Kaltim ke Indonesia

0 42

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Pameran dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten/Kota Binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kaltim, resmi dibuka di Lobby Hotel Mercure Samarinda, Selasa (28/5/2024).

Tenant UMKM Kaltim di Pameran ANRI dalam rangka memeriahkan HKN Ke-53. (foto: Lisa)
Tenant UMKM Kaltim di Pameran ANRI dalam rangka memeriahkan HKN Ke-53. (foto: Lisa)

Pameran ini dalam rangka memperingati Hari Kearsipan Nasional (HKN) Ke-53 tahun 2024, yang dipusatkan di Kaltim.

Diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kaltim  Muhammad Syafranuddin, seluruh rangkaian kegiatan terkait HKN berjalan lancar.

“Semuanya lancar, di lantai 7 kita juga ada seminar,” ujar Ivan, sapaan akrabnya, kepada awak media DETAKKaltim.Com dan awak media lainnya usai pembukaan pameran.

Pameran ini, lanjut Ivan, bertujuan untuk memperkenalkan pengelolaan arsip dengan sistem modernisasi, termasuk juga digitalisasi dan inovasi di dalamnya.

“Kami juga memperkenalkan cinderamata Kaltim ke Indonesia. Tenant kita ada sekitar 20, tenant Kabupaten/Kota berjumlah 10 dan dari ANRI lebih dari 10,” beber Ivan.

Baca Juga:

Menurut Ivan, melalui pameran HKN tersebut, seluruh pihak dapat saling bertukar informasi, agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait juga dapat semakin memahami pengelolaan arsip.

“Dengan ini kita bisa saling bertukar informasi, agar OPD semakin mengerti mengelola arsip,” ujarnya.

Melalui pameran, UMKM yang terlibat juga dapat menerima dampak positif, sebab produknya dapat disebarluaskan kepada masyarakat maupun peserta yang berkunjung.

“Peserta yang hadir 1.450. Pameran ini memberikan dampak bagi UMKM, bisa menjual produk-produknya. Cinderamata juga ada banyak jadi masyarakat bisa semakin mengenal.” kata Ivan menandaskan. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 40 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!