HKN Pertama Kali di Kalimantan, Kaltim Dinilai Terbaik

Aria: Mitra Strategis Sejak Lama

0 46

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Ketua Tim Hubungan Masyarakat Arsip Nasional RI (ANRI) Aria Maulana mengungkapkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan mitra strategis dari ANRI dan Komunitas Kearsipan sejak lama.

Untuk itu, sebelum mulakan paparannya, ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemprov Kaltim yang terus memberikan dukungan kepada Kearsipan Nasional. Dimana setiap tahunnya, 18 Mei terus diperingati sebagai Hari Kearsipan, didasarkan dari Undang-Undang (UU) Kearsipan Nomor 7 Tahun 1971.

“Itu merupakan UU pertama yang mengatur tentang Kearsipan. Dengan adanya UU itu, lahirlah lembaga di tingkat Provinsi maupun Nasional,” bebernya dalam Konferensi Pers bersama awak media di Ruang Aula DPK Kaltim, Senin (27/5/2024).

Lanjut Aria, salah satu bentuk perayaan dari peringatan Hari Kearsipan ini ialah dilaksanakannya rapat secara bergilir di Pemerintah Daerah (Pemda).

“Pertama kali hari Kearsipan diselenggarakan itu di NTT, Kupang pada 2018. Dengan harapan dapat menjadi brain smart antara Pemda dan Pusat,” ujarnya.

Menurutnya, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di daerah akan mendorong peningkatan PAD, khususnya Sektor Pariwisata. Sekaligus juga dapat menyampaikan keragaman, kekhasan budaya di daerah tersebut.

“Penunjukan Kaltim itu yang pertama di Pulau Kalimantan. Dibandingkan Provinsi lainnya, Kaltim menjadi yang terbaik, karena memang Kaltim merupakan mitra strategis sejak lama,” paparnya.

Pemilihan kota pada awalnya terdapat dua opsi, yakni Samarinda dan juga Balikpapan. Namun melihat posisi Kota Samarinda sebagai pusat Pemerintahan Provinsi Kaltim, ditunjuklah akhirnya Kota Tepian ini menjadi tuan rumah.

“Kota Samarinda dinilai siap untuk penyelenggaraan Hari Kearsipan, sebagai pusat pemerintah Kaltim,” ujarnya.

Selain itu, terkait venue, setelah koordinasi dengan para pimpinan di Kaltim, dipilihlah Hotel Mercure. Sebab hotel ini memiliki ballroom dengan kapasitas yang besar, dan memiliki area yang dapat dimanfaatkan sebagai ekshibisi.

Ia menaruh harapan besar agar ke depannya, Kaltim dapat menyumbangkan satu arsip yang bisa memiliki nilai budaya atau sejarah yg tinggi, mengingat hal ini juga menjadi sebuah kebanggaan untuk pimpinan daerah.

Karena Arsip yang dimiliki dapat bermanfaat bagi masyarakat seluruh dunia.” tutupnya.

Dalam Konferensi Pers, dipaparkan juga rangkaian kegiatan yang akan digelar dalam HKN Ke-53 kali ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Rapat Koordinasi Teknis Pengawasan Kearsipan
  2. Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kearsipan
  3. Penghargaan anugerah kearsipan
  4. Penyerahan sertifikat akreditasi kearsipan
  5. Parade Memori Kolektif Bangsa
  6. Pameran one stop service ANRI dan UMKM Kalimantan Timur
  7. City tour budaya Desa Pampang dan titik nol Ibu Kota Nusantara.

Penghargaan Anugerah Kearsipan yang dimaksud adalah dengan kategori berikut:

  1. Penghargaan Nilai Terbaik Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2023
  2. Penghargaan Penetapan Memori Kolektif Bangsa Tahun 2024
  3. Penghargaan tokoh kearsipan inspiratif
  4. Penyerahan Sertifikat MoWCAP untuk arsip Indarung I Semen Padang dan arsip tentang Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia tahun 1887-1986. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 36 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!