BPBD Kaltim Gelar Rakor Penanggulangan Bencana

Agus: Menyangkut Perlindungan dan Keselamatan

0 42

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Rapat Koordinas Penanggulangan Bencana tahun 2024, di Hotel Horison Balikpapan, Senin (27/5/2024) mulai Pukul 08:30 Wita.

Kepada DETAKKaltim.Com, Kepala BPBD Provinsi Kaltim Agus Tianur menjelaskan forum ini rutin dilaksanakan yang menjadi kewajiban bukan hanya BPBD tapi semua perangkat daerah untuk mensinergikan, mengkolaborasikan, menyatukan visi dan misi serta persepsi dalam rangka memperkuat Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) BPBD.

Dijelaskan Agus Tianur, BPBD itu berada pada jajaran pelayanan prima sehingga harus ada di setiap tingkatan pemerintahan. Baik di Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota.

“Karena menyangkut perlindungan dan keselamatan setiap Warga Negara Indonesia,” kata Agus Tianur.

Rakorda ini diikuti 10 Kabupaten/Kota di Kaltim ditambah dari mitra strategis BPBD seperti Kodam, Polda, Lanal, Lanud, BMKG, Basarnas, perwakilan relawan.

Mengingat di Kaltim kini ada Ibu Kota Negara (IKN), maka pihak BPBD Kaltim membangun kolaborasi dengan IKN karena ada daerah penyangga seperti PPU.

Kegiatan ini, kata Agus Tianur lebih lanjut, juga dimaksudkan untuk menimba dan bertukar ilmu dari BPBD yang memiliki keunggulan seperti daerah yang ada Gunung Berapi dimana di Kaltim tidak ada. Begitu juga, mereka tidak ada Kebakaran Hutan dan Lahan sementara di Kaltim ada.

“Tapi konsep subtansinya tidak berbeda,” jelas Agus Tianur.

Baca Juga:

Disinggung mengenai kesiapsiagaan mengantisipasi mitigasi bencana di Kaltim, matan Kepala Dispora Kaltim ini menjelaskan BPBD Kaltim akan meningkatkan Program Mitigasi dan Edukasi melalui sosialisasi ke masyarakat.

Ia berharap dari kegiatan ini peserta bisa punya persfektif dan wawasan dan referensi untuk memperkuat koordinasi, kinerja, dan kolaborasi serta Sumber Daya Manusia (SDM).

Agus Tianur juga menegaskan, kegiatan semacam ini akan rutin dilaksanakan tiap tahun. Apa yang telah dilakuan akan dievaluasi, dan apa yang harus harus dikerjakan ke depan. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Penulis: Roni S/LVL

Editor: Lukman

(Visited 34 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!