Pilkada Balikpapan, 30 Anggota PPK Dilantik

Yudo: PPK Sudah Ditetapkan

0 85

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Sebanyak 30 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah dilantik dan siap mengawal tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Balikpapan 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Prakoso Yudho Lelono mengatakan, setiap kecamatan akan diisi oleh lima anggota PPK.

“Alhamdulillah, PPK sudah ditetapkan dan bisa segera membantu KPU melaksanakan berbagai tugas di tingkat Kecamatan,” kata Yudho usai pelantikan di Hotel Platinum, Kamis (16/5/2024).

Tugas pertama PPK adalah membentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk tingkat Kelurahan, dengan setiap Kelurahan diisi oleh tiga anggota PPS. Kota Balikpapan memiliki 37 Kelurahan, sehingga akan ada 111 anggota PPS yang bertugas membantu PPK dan KPU dalam menjalankan tahapan Pilkada.

“Semoga berjalan dengan lancar, sehingga tahapan yang ada dapat kita selesaikan secara tuntas dan maksimal,” harap Yudho.

Baca Juga:

Selain itu, PPK juga bertanggung jawab membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Yudho menekankan pentingnya Pilkada 2024 berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

“Kami punya visi Pilkada 2024 ini berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Sehingga Pilkada diharapkan sukses, tuntas, dan berkualitas,” ujarnya.

Berkaca pada Pemilu 2024 yang meliputi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang berjalan lancar dan aman, kondisi serupa diharapkan terjadi pada Pilkada Balikpapan yang akan digelar 27 November mendatang.

“Jika ada dinamika, harapannya tidak krusial,” tambah Yudho.

KPU menginginkan seluruh elemen penyelenggara, termasuk Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) serta pengamanan dari TNI-Polri dan masyarakat, untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan Pilkada Balikpapan 2024.

“Yang utama ini bukan hanya tugas KPU, PPK, dan PPS, tetapi semua unsur dan elemen masyarakat Balikpapan harus mendukung Pilkada 2024 ini,” ujar Yudho.

Dia juga berharap pemimpin yang terpilih nanti, bisa memberikan kebijakan yang bijak dan bermanfaat bagi masyarakat Balikpapan. Terkait keamanan, Yudho menekankan pentingnya soliditas seluruh stakeholder.

“Kesolidan adalah yang paling utama. Sama-sama bekerja dan bisa bekerja sama.” tandas Yudho. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 50 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!