Ratusan Warga Shalat Ied di Masjid Annoor Kelurahan Pelita Samarinda

Panitia Pengumpulan Zakat Sampaikan Laporan Penerimaan

0 52

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Ratusan warga yang bermukim di sekitar Masjid Annoor, Kelurahan Pelita, Samarinda, Kalimatan Timur, melaksanakan Shalat Idul Fitri tahun 1445 Hijriyah, Rabu (10/4/2024).

Sebelum pelaksaan Shalat Ied, Panitia Pengumpul Zakat menyampaikan laporan penerimaan Zakat Fitrah yang dilaksanakan sekitar satu minggu.

Dalam laporannya, Panitia Pegumpulan Zakat Fitrah menyampaikan lebih 800 warga membayar zakat di Masjid Annoor. Zakat yang terkumpul dalam bentuk Beras sebanyak 1.097 Kg, dalam bentuk uang sebesar Rp34.590.000,-

“Tadi malam, Jam 10 telah kami bagikan habis kepada mereka yang berhak menerima sebanyak 172 jiwa. Masing-masing mendapatkan 6 Kg Beras dan uang sebanyak kurang lebih Rp200 Ribu,” kata Panitia Pengumpulan Zakat Masjid Annoor.

Dalam khotbahnya, Khatib menukil kisah Sayyidina Ali Karamullah sahabat Nabi Muhammad SAW terkait hari Ied sebagai hari kebahagiaan.

“Syaidina Ali Karamullah jauh-jauh hari mendefiniskan hari kebahagiaan adalah hari dimana kita tidak melakukan perbuatan dosa,” kata Khatib.

Baca Juga:

Kesimpulannya, lanjut Khatib, jauhi dosa maka kita akan Bahagia. Baik dosa tangan, mulut, kaki, serta hati dan pikiran.

Berbagai pesan dan nasehat disampaikan Khatib dengan menyitir pemikiran-pemikiran ulama besar pada masa lalu. Yang intinya, segera bertaubat jika menyadari telah berbuat dosa agar tidak menumpuk sehingga sulit dibersihkan, layaknya Wajan yang tidak pernah dibersihkan sementara selalu digunakan memasak sehingga terlihat hitam.

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah berlangsung lancar, Masjid Annoor yang terdiri dari dua lantai itupun terlihat penuh hingga ke halaman. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 45 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!