KADES DAN LURAH DEKLARASI NETRALITAS PADA PEMILU

0 562

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Sebanyak 139 Kepala Desa dan 2 Lurah di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melakukan Deklarasi Netralitas Pemilu 2024.

Deklarasi tersebut dibacakan Kepala Desa Bumi Sejahtera, Kecamatan Kaliorang, Kutim, Dedi Rachmat dan diikuti oleh Kepala Desa serta Lurah lainnya.

Kami Kepala Desa dan Lurah, se-Kabupaten Kutai Timur, sebagaimana terlampir menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa, menjaga dan menerapkan prinsip netralitas dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik, baik sebelum maupun sesudah pelaksanaan Pemilu 2024,” sebutnya.

Selanjutnya, Kepala Desa dan Lurah juga diminta untuk menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada seluruh elemen masyarakat, serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu pada Pemilihan Umum serentak tahun 2024.

Lalu, Kepala Desa dan Lurah juga diminta untuk menggunakan media sosial secara bijak dan tidak dipergunakan untuk mendukung pasangan calon peserta Pemilu tertentu, tidak menyebarkan ujaran kebencian, serta berita yang sifatnya bohong atau hoax pada Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024.

Tak hanya itu, Kepala Desa dan Lurah harus menolak politik uang, pemberian, permintaan dan perjanjian baik secara langsung atau tidak langsung. Yang memberi harapan dan menyimpang dari prinsip-prinsip Pemilu yang jujur dan adil bagi peserta pemilihan, serta pihak-pihak yang memiliki preferensi politik tertentu.

Baca Juga:

“Tidak menggiring atau mengajak masyarakat untuk mendukung salah satu Partai Politik, peserta Pemilu maupun Pasangan Calon pada Pemilu 2024,” lanjutnya.

Lurah dan Kepala Desa tidak berafiliasi dengan Partai Politik dan menolak Politik Identitas yang mengatasnamakan etnis, ras, suku dan agama yang berpotensi menimbulkan konflik dan keamanan pelaksanaan Pemilu.

“Apabila kami melanggar hal-hal yang telah kami nyatakan dalam Pakta Integritas ini, maka kami bersedia dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan Perundang-Undangan yang berlaku.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Naskah/Video: HB/Adv.

Editor:Lukman

(Visited 541 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!