Yuk, Cintai Produk Negerimu!

0 75
  • Penulis : Ulya Zahra Hanifa Firdaus
  • Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

MENCITAI produk dalam negeri salah satu bentuk kita cinta terhadap tanah air Indonesia. Dengan kita menggunakan produk buatan Indonesia, hal ini memperlihatkan bahwa kita merasa bangga dan cinta tanah air. Mencintai produk dalam negeri berarti membeli, memanfaatkan dan menggunakan produk yang dibuat perusahaan atau kelompok pengusaha lokal.

Presiden mengajak warga Indonesia untuk menerapkan program gerakan mencintai produk  dalam negeri. Presiden berharap masyarakat bisa menjadi konsumen produk nasional, sehingga penjualan produk lokal meningkat.

Produk dalam negeri yang seharusnya dicintai oleh masyarakat  terutama kerajinan lokal yang dapat memajukan usaha mikro kecil dan menengah.

“Saya mengajak masyarakat untuk mencintai produksi dalam negeri, utamanya produk-produk kerajinan ini akan memajukan para pengrajin kita, memajukan UMKM kita,” kata Jokowi.

Kepala negara juga mengarahkan Kementerian Perdagangan untuk memiliki kebijakan dan strategi pemasaran produk dalam negeri. Dengan strategi pemasaran yang baik, akan mengetahui siapa sebenarnya target pasar yang dituju dengan jelas dan spesifik.

Gerakan produksi dalam negeri dapat melepaskan diri dari ketergantungan pada produk impor. Dengan kita memakai produk dalam negeri, maka pemilik usaha lokal akan semakin berkembang.

Semangat itu “setali tiga uang” dengan tekad Bung Karno untuk berdaulat dalam politik, mandiri dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam budaya (pidato Trisaksi, 1964).

Sekarang ini konsumen dalam negeri lebih memilih produk luar negeri, karena dengan kualitas produk yang bagus dengan harga yang terjangkau. Pengusaha dalam negeri bisa menjual produknya dengan harga terjangkau dan kualitas produk bagus, sehingga mendapatkan target pasar.

Pada akhir tahun seperti ini juga bisa memberikan diskon terhadap produknya, agar target pasar bisa meningkat. Ketika di Swalayan, Mall dan lain-lain produk lokal ditempatkan di tempat yang strategis, sehingga ketika orang masuk itu langsung tertarik dengan produk lokal. Kualitas produk yang bagus dan regulasi ekonomi yang baik, akan memberikan peluang ekspor ke mancanegara atau pasar internasional.

Dengan peminat produk dalam negeri meningkat maka pengusaha akan lebih banyak membuat produknya, sehingga dapat melepaskan diri dari ketergantungan produk impor. Membeli produk dalam negeri adalah hal kecil yang dampaknya sangat besar jika terus dilakukan, menjadi bentuk kontribusi untuk membangun bangsa.

Dengan memakai produk dalam negeri banyak manfaat yang dapat kita ambil, seperti meningkatkan lapangan pekerjaan, meningkatkan perekonomian dalam negeri, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi dalam negeri.

Dengan kita    menggunakan produk dalam negeri, maka akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang dibuka. Karena pemilik usaha lokal membutuhkan tenaga kerja Indonesia untuk membuat produk yang berkualitas. Hal tersebut dapat mengurangi orang pengangguran di Indonesia.

Ketika kita membeli produk dalam negeri, maka uang yang kita keluarkan akan beredar di dalam negeri dan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi dalam negeri. Artinya bahwa menyediakan produk lokal meningkatkan ekonomi dengan menjaga bisnis lokal tetap berkembang.

Baca Juga :

Selama ini, jika kita membeli produk luar negeri, uang tersebut akan masuk ke luar negeri tanpa ada pengaruhnya pada perekonomian lokal. Perekonomian dalam negeri akan berdampak terhadap peningkatan lapangan   pekerjaan, sehingga juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adanya lapangan pekerjaan dan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan baik produsen maupun konsumen serta mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat.

Meningkatnya kegiatan ekonomi akan  berkorelasi untuk meningkatkan kualitas produk dalam negeri. Selain meningkatkan kualitas produk dan usaha dalam negeri, penggunaan produk dalam negeri juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kualitas sumber daya manusia akan terus ditingkatkan agar mampu  bersaing di pasar internasional.

Peningkatan perekonomian negara dapat mendukung perkembangan pendidikan, kesehatan dan infrastruktur untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan banyaknya dampak baik yang bermuara bagi kesejahteraan bangsa, berarti membeli dan menggunakan produk dalam negeri adalah bentuk rasa cinta.

Maka, dengan kita mencintai produk dalam negeri sehingga dapat menumbuhkan sikap nasionalisme, mendukung perekonomian dalam negeri dan bangga akan produk dalam negeri. Sehingga lapangan pekerjaan tersedia, dan dapat mengurangi tingkat pengganguran. Selain itu, mencintai produk dalam negeri membantu pengusaha dan kelompok usaha lokal tumbuh, berkembang dan menjadi lebih dikenal masyarakat luas. (DETAKKaltim.Com)

Editor   : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!