Waspada Akhir Tahun, BPBD Kutim Sebut 7 Kecamatan Rawan Tsunami

0 65

DETAKKaltim.Com, KUTIM : Dari 18 Kecamatan di Kutai Timur (Kutim), 7 Kecamatan dihimbau untuk berwaspada di akhir dan di awal tahun 2019 ini.

Kecamatan yang dimaksud ialah Sandaran, Sangkulirang, Kaliorang, Bengalon, Sangatta Selatan, Sangatta Utara, dan Teluk Pandan.

Tujuh Kecamatan ini dianggap berpotensi dan rawan terkena serangan bencana laut. Baik gelombang tinggi maupun tsunami.

Dikatakan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, Ludy Firmansyah, himbauan larangan ke tepi laut dimulai pada tanggal 26 Desember hingga 1 Januari 2019. Karena pada saat itu, diramal akan terjadi gelombang tinggi sekira 2,5 meter. Ini terjadi di laut Sulawesi dan Selat Makassar.

“Kami hanya merujuk pada  BMKG. BMKG mengeluarkan himbauan  tersebut. Sehingga daerah termasuk Kutim ikut menyebarkan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” kata Ludy, Kamis (27/12/2018).

Memang, kata dia, himbauan ini tak bersifat wajib. Namun lebih baik menaati himbauan tersebut. Tentu saja semua demi kebaikan bersama. Terpenting, pemerintah sudah memberikan peringatan tersebut kepada warga. Adapun selebihnya, diserahkan kepada warga masing-masing. Apakah menaati himbauan atau tidak.

“Ini hanya sebatas himbauan. Tetapi lebih baik dihindari. Namun kita semua berharap tak terjadi apa-apa. Kita berdoa saja,” katanya.

Romi, Bidang Kedaruratan juga ikut menghimbau kepada warga agar waspada. Khususnya yang berada di kawasan pesisir.

“Lagi-lagi ini hanya himbauan. Tetapi lebih baik dicegah dan dihindari,” kata Romi. (Aghwa)

(Visited 13 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!