Warga Marang Kayu Keluhkan Susahnya Pembuatan KTP Elektronik

0 73

DETAKKaltim.Com, KUKAR : Niat warga Kecamatan Marang Kayu Kutai Kartanegara Kalimantan Timur untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik sebagai identitas diri cukup tinggi, persoalannya jarak tempuh untuk mengurus pembuatan KTP ke Tenggarong cukup jauh sehingga menjadi kendala tersendiri.

Bukan hanya itu, sebagaimana yang disebutkan Supriadi, seorang tokoh masyarakat di Marang Kayu. Warga mengeluh kepadanya ketika sudah jauh-jauh ke sana namun karena berbagai alasan, sehingga proses pembuatannya tidak bisa dilanjutkan atau tertunda.

“Ada yang mengaku sampai tiga hari bolak-balik belum juga bisa mendapatkan pelayanan,” beber Supriadi melalui telepon selulernya kepada Wartawan DETAKKaltim.Com, Selasa (4/10/2016).

Menurut Supriadi, warga berharap Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara agar memberikan kemudahan kepada masyarakat di Marang Kayu dalam pengurusan KTP Elektronik. Salah satunya dengan membuka loket pembuatan KTP Elektronik di daerah tersebut.

“Waktu masyarakat banyak tersita ke Tenggarong mengurus KTP, mereka harus meninggalkan pekerjaannya. Belum lagi resiko dalam perjalanan yang cukup jauh tersebut,” sebutnya.

Sejauh pengamatan awak media ini, pembuatan KTP dengan alat elektronik memang masih menghadapi berbagai kendala di sejumlah daerah di Kaltim, mulai dari terbatasnya blangko, peralatan yang terbatas, hingga kendala kerusakan alat elektronik yang digunakan.

Namun apapun kendalanya, kebutuhan masyarakat akan kartu identitas tersebut seyogianya dipenuhi pemerintah secepatnya dengan segala kemudahan tentunya. Salah satunya dengan membuka kran penyediaan alat-alat yang dibutuhkan ke beberapa pihak, bukan hanya satu pihak seperti yang terjadi selama ini. (LVL)

 

 

(Visited 13 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!