Wakil Rakyat Balikpapan Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Syarifuddin : Laporkan Jika Ada Penebangan Hutan

0 147

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Persoalan banjir yang ada di Kota Balikpapan merupakan persoalan yang harus dipecahkan bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi tanggung jawab kita bersama dalam mengatasinya.

Demikian disampaikan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Syarifuddin Oddang, menanggapi persoalan banjir yang kerap melanda kota Beriman, sebutan lain Kota Balikpapan.

“Segala dampak musibah banjir, tanah longsor, adalah tugas pokok Pemerintah Kota untuk mengendalikan dan mengatasinya, agar dapat berkurang lokasi-lokasi yang terdampak banjir,” kata politisi senior Partai Hanura Kota Balikpapan itu, Jum’at (26/8/2022).

Selain dari itu, lanjutnya, mengatasi banjir adalah tanggung jawab bersama dengan menjadikan pemerintah sebagai leader dalam mengatasinya.

“Mengatasi banjir adalah tanggung jawab kita semua, apa yang terjadi di lingkungan di sekeliling kita jadikan milik kita. Pemerintah sebagai leadership akan memberikan solusi, mulai dari perbaikan sampai dengan hal penganggaran,” jelas Oddang.

Ia mencontohkan, drainase yang sudah diperbaiki pemerintah harus dijaga dengan baik. Jika dibiarkan saja, kotoran apa saja dapat berkumpul sehingga terjadi penyumbatan-penyumbatan akibatnya air tidak lancar.

Baca Juga :

“Maka dari ini kesadaran kita sebagai masyarakat setempat, harus mempunyai rasa memiliki sehingga fasilitas yang ada di lingkungan terjaga dan terawat dengan baik,” paparnya.

Menurut Syarifuddin Oddang, persoalan banjir memang persoalan klasik bagi warga Balikpapan. Tapi ia meminta paling tidak ada kepedulian sebagai warga masyarakat apa penyebab dari banjir itu sendiri.

“Butuh pengawasan dari pemerintah dengan dibantu masyarakat setempat, laporkan jika ada penebangan hutan, atau adanya pengupasan lahan yang mengakibatkan banjir.” tandas Syarifuddin Oddang. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!