Upacara HJK di Korem 091/ASN, Mengenang Peristiwa Besar Palagan Ambarawa

0 781

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar upacara peringatan Hari Juang Kartika (HJK) TNI Angkatan Darat (AD) di lapangan Makorem 091/ASN, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Kaltim, Sabtu (15/12/2018).

HJK TNI AD diperingati setiap tanggal 15 Desember Korps Infanteri TNI AD untuk mengenang pertempuran Ambarawa. Pada kesempatan tersebut, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Korem 091/ASN Kolonel Inf  Priyanto Eko Widodo selaku inspektur upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dalam amanatnya dikatakan, selaku generasi penerus kita wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat, sebagai pendorong pengabdian kita dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis.

“Saya mengajak agar momentum peringatan Hari Juang Kartika kita mamfaatkan untuk melakukan introspeksi serta koreksi diri, dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern dan profesional,” ujarnya.

HJK pada hakekatnya, lanjut Kolonel Inf  Priyanto, dilandasi oleh sebuah peristiwa bersejarah penting dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang terjadi 73 tahun silam di Kota Ambarawa. Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai Palagan Ambarawa itu, telah membawa dampak politik secara Internasional dan menjadi momentum penting untuk menunjukkan eksistensi TNI AD, sebagai penjaga tegak kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Peristiwa Palagan Ambarawa merupakan simbol kemanunggalan TNI AD dengan rakyat Indonesia,” kata Kolonel Inf  Priyanto Eko Widodo.

Peringatan HJK 2018 mengambil tema TNI AD Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat. Tema ini mengandung makna bahwa TNI AD dengan jati dirinya sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Nasional yang profesional, senantiasa tumbuh berkembang dan berjuang bersama rakyat untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Pelaksanaan upacara diikuti Para Kasi Korem 091/ASN, Dansat/Kabalak Aju, Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negri Sipil (PNS) jajaran Korem 091/ASN, ditambah dua peleton prajurit Yonif 611/Awang Long. (Sumber : Penrem 091/ASN/LVL)

(Visited 40 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!