TMA Bendungan Benanga Alami Kenaikan ke 62 Cm

Sugiyoto : Level Aman

0 211
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tinggi Muka Air (TMA) di Bendungan Lempake mengalami kenaikan hingga 62 centimeter, Kamis (22/10/2020).

Kenaikan muka air tersebut merupakan kiriman dari hulu bendungan, yakni Sungai Siring yang diguyur hujan lebat terus selama 2 hari kemarin.

Penjaga Bendungan Benanga Sugiyoto menyampaikan, debit air di Bendungan Benanga Lempake masih di batas aman, hanya saja resapan air di beberapa tempat rendah sudah sangat berkurang sehingga ada beberapa daerah yang sudah tergenang air.

“Sejauh ini dari pantauan saya Tinggi Muka Air di Bendungan Lempake ini masih di level aman di 62 centimeter, mungkin beberapa daerah yang mulai tergenang itu disebabkan kurangnya resapan air saja,” ucapnya kepada DETAKKaltim.Com.

Senada dengan Sugiyoto, Ketua RT 30 Kelurahan Lempake Budi Wiyono juga menyebutkan jika bertambahnya Tinggi Muka Air di Bendungan Lempake dikarenakan tingginya curah hujan saat ini.

Berita terkait : Waspada Banjir, 20 Rumah Mulai Terendam di Bengkuring

“Beberapa hari ini memang curah hujan tinggi, jadi wajar saja jika debit air di Bendungan ini naik dari yang ketinggian 58 hari ini jadi 62 centimeter. Semoga saja beberapa hari ke depan tidak ada hujan deras dalam waktu lama,” ucapnya.

Meski ketinggian muka air masih dalam posisi aman, ia berharap warga Samarinda harus tetap siaga jika curah hujan beberapa hari ke depan masih tinggi, yang menyebabkan Bendungan Lempake tidak mampu menampung debit air yang dikhawatirkan akan membuat sebagian kawasan Samarinda terendam banjir. (DK.Com)

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 19 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!