Tangani Covid-19, Gubernur Kaltim Bentuk Gugus Tugas

0 335

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Gubernur Kaltim Haji Isran Noor membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019, Rabu (19/3/2020).

Pembentukan Gugus Tugas tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 443/K.237/2020, terdiri atas pengarah dan pelaksana. Dalam susunan pengarah ada Gubernur, Pangdam, Kapolda, Ketua DPRD Kaltim, Kajati, dan Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim.

Sedangkan dalam susunan personil pelaksana, dipimpin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim sebagai ketua, dengan sekretaris Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim.

“Dengan adanya gugus tugas ini akan mendukung tugas antar OPD terkait dalam melaksanakan koordinasi pencegahan, masing-masing pihak jelas perannya. Karena untuk upaya pencegahan tidak bisa ditangani sepihak, harus lintas OPD,” jelas Diddy Rusdiansyah, Kepala Diskominfo Kaltim yang menjadi salah satu anggota dalam Gugus Tugas tersebut saat dikonfirmasi, Senin (23/3/2020) malam.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah mengundang sejumlah instansi dan pihak membahas protokol komunikasi pencegahan penyebaran Covid 19, Rabu (18/3/2020) pagi.

Rapat tersebut sebagai tindak lanjut arahan Gubernur pada rapat di Balikpapan sebelumnya. Pada rapat itu, Diddy menyampaikan komuniskasi yang dilakukan adalah memastikan negara harus hadir dalam kondisi seperti ini, dan memastikan apa yang disampaikan adalah menciptakan masyarakat tenang.

Pada rapat dilakukan kesepakatan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaannya. Salah satunya mengenai juru bicara hanya ada satu, yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim.

Berita terkait : Diskominfo Kaltim Bahas Protokol Komunikasi Pencegahan Penyebaran Covid 19

Dari Gugus Tugas yang dibentuk tersebut, selain Diskominfo juga ada Dinas Sosial, Dishub, Dikbud, Dispar, Satpol PP, dan Kanwil Kemenag, serta Dinas Kesehatan.

Pantauan DETAKKaltim.Com, sejak dibentuk Gugus Tugas tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim melalui Kepala Dinas Andi Muhammad Ishak telah berkali-kali menyampaikan perkembangan terakhir kondisi penyebaran Covid-19, melalui jumpa pers di Kantor Dinas Kesehatan Kaltim. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!