Studi: Jantung yang Sehat Tingkatkan Fungsi Kognitif

0 56

DETAKKaltim.Com, JAKARTA : Memiliki jantung yang sehat menjadi salah satu syarat untuk meningkatkan fungsi otak dan kognitif dari waktu ke waktu. Kesimpulan tersebut diterbitkan dalamJournal of the American Heart Association.

Peneliti melihat korelasi antara memiliki jantung yang sehat, termasuk tidak merokok, menjaga berat badan, aktif secara fisik, memiliki pola makan yang baik, menjaga tekanan darah dan kolesterol dan dampaknya terhadap kemampuan kognitif seseorang.int(3)

Studi melibatkan 1.000 orang responden pria dan wanita di atas usia 40 tahun. Para peneliti mengetes memori dan kemampuan kognitif mereka, seperti seberapa cepat mereka melakukan tugas yang berhubungan dengan konsentrasi.

Enam tahun kemudian, para responden mengalami pengujian lagi. Para peneliti menemukan, memiliki jantung yang sehat dikaitkan dengan pengelolaan otak yang lebih baik di tahun selanjutnya. Dengan kata lain , penurunan fungsi kognitif juga berkorelasi dengan jantung yang tidak sehat.

“Kesehatan jantung dan otak saling berhubungan,” ujar penulis studi Hannah Gardener, ahli epidemiologi di University of Miami, sebagimana dilansir Time, Jumat (18/3/2016).

“Beberapa orang mungkin termotivasi untuk menjaga kesehaan kognitif mereka. Ada tujuh faktor yang menunjang kesehatan kognitif,salah satunya menjaga kesehatan jantung untuk otak yang lebih baik di kemudian hari,” tukas Hannah. (Sumber: Metrotvnews.com)

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!