Sekretaris KPU Kota Balikpapan Jelaskan Soal Seragam KPPS

Syabrani : Itu Masih Wacana

0 279
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Beredarnya informasi yang mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan akan memberikan anggaran untuk seragam bagi petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), membuat ramai di sejumlah Rukun Tetangga (RT) di Balikpapan.

Terkait adanya informasi tersebut, Sekretaris KPU Balikpapan Syabrani atau yang karib disapa Alex menjelaskan kronologis informasi yang beredar tersebut, Senin (23/11/2020).

Melalu sambungan telepon, Alex menjelaskan jika memang ia pernah  berencana menyiapkan dana untuk baju seragam KPPS. Akan tetapi, mengingat adanya peningkatan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mencapai 1.500 TPS, maka KPU tidak cukup memiliki anggaran tersebut untuk seragam KPPS.

“Memang saya pernah berencana terkait anggaran seragam KPPS, tapi itu masih wacana dan harus melihat kesiapan anggarannya terlebih dahulu. Ternyata, KPU tidak memiliki anggaran sebanyak itu untuk seragam KPPS, dan perlu ditegaskan kembali saat itu masih wacana dan belum fix ada anggarannya,” jelasnya.

Namun demikian, Ales mengatakan KPU ada melakukan penambahan anggaran di salah satu kebutuhan untuk KPPS.

Baca juga : Surat Suara Pilkada Balikpapan Tiba, Langsung Masuk Gudang KPU

Lanjut Alex, meskipun ada yang menangkap ucapannya tersebut, itu pasti keliru dan salah penafsiran, yang disampaikannya  tidak mengatakan akan ada anggaran untuk seragam KPPS.

Baca juga : KPU Balikpapan Turun ke Jalan Sosialisasi Pilkada 2020

Saat awak media ini mencoba menelusuri kebenaran ucapan yang disampaikan Syabrani ke beberapa Ketua PPS dan PPK di Kelurahan dan Kecamatan berbeda, diperoleh keterangan membenarkan jika Alex pernah mengatakan terkait seragam KPPS. Hanya saja saat itu yang disampaikan Alex masih berupa wacana, atau rencana saja dan belum fix.

“Anggaran terkait seragam KPPS memang masih dalam wacana, dan anggaran yang sekarang ini digunakan untuk penambahan TPS,” kata salah seorang Ketua PPK yang tidak ingin namanya disebutkan.

Pada kenyataannya, kata dia, draf anggaran tersebut belum ada terkait seragam karena memang tidak ada. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 78 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!