Sambut IKN, Anggota DPRD Kaltim Minta Daerah Penyangga Siapkan Strategi

Ely Dorong Kukar Tingkatkan Potensi Kuliner

0 142

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Tahun 2024, tahap 1 pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) ditargetkan telah rampung. Berjuta penduduk akan beramai-ramai masuk ke Penajam Paser Utara (PPU).

Lantas, daerah-daerah penyangga, menurut anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ely Hartati Rasyid, harus mulai siapkan strategi dengan meningkatkan ciri khas atau unggulan masing-masing.

Dalam hal ini, sebagai bagian dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mendorong Kukar untuk menjadi pusat perbelanjaan serta tempat perkembangan industri kreatif. Termasuk dengan peningkatan potensi wisata kuliner.

“Potensi kuliner yang ada di Kutai Kartanegara tak kalah lezat dengan sejumlah makanan khas daerah lain,” terang Ely kepada DETAKKaltim.Com, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga:

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan Kaltim itu berharap, Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, selalu bergerak aktif dalam menjalin serta meningkatkan kerja sama antar masyarakat, yang bergerak di sektor kuliner khas Kukar.

“Harus dibangun strategi dalam memasarkan potensi tersebut, karena banyak makanan khas yang enak. Seperti Keripik, Amplang, Pepes Ikan Patin dan masih banyak yang lainnya,” beber Ely.

Beragam gagasan dan ide dilontarkan politisi yang berkantor di Karang Paci tersebut agar dapat menjadi rujukan, seperti makanan tradisional yang terus didorong untuk memiliki kemasan modern serta orientasi pasar ekspor.

Hal itu dikatakannya, lantaran Kukar saat ini telah menjadi pemasok Ikan Asin terbesar di Benua Etam.

“Capaian itu harusnya bisa dimanfaatkan dalam mengembangkan kuliner. Kalau bisa ke depan harus menggunakan pola yang berbasis teknologi, sambil dikenalkan ke mancanegara. Kalau seperti itu, akan ada keuntungan juga buat daerah.” tandas Ely. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!