Resmi Dilantik Jadi Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh : Ke Depan Semakin Berat

0 814

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Abdulloh resmi memimpin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan setelah dilantik bersama 3 Wakil Ketua, yaitu Thohari Aziz dari PDIP, Sabarudin Panrecalle dari Partai Gerindra, dan Subari dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Kamis (10/10/2019).

Kempat unsur pimpinan Dewan itu dilantik dalam sidang paripurna di Gedung DPRD Balikpapan melalui pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024, dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan Liliek Prisbawono.

Susunan unsur pimpinan DPRD Balikpapan tersebut sesuai Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor Nomor: 1712//21/B.PPOD.III/2019 yang dibacakan Sekretaris Kota Balikpapan Sayid MN Fadly.

Mewakili Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Sayid Fadly mengatakan, Gubernur Kaltim meminta koordinasi antara lembaga eksekutif dan legislatif bisa terus ditingkatkan lewat hubungan pemerintah dan DPRD yang setara dan sejajar. Dengan demikian kedua belah pihak bisa bekerja sama dengan baik melaksanakan program pembangunan bagi masyarakat.

Tak lupa, Sekkot Fadly membacakan pantun yang disertakan Gubernur Isran dalam sambutannya.

Setelah pelantikan, Abdulloh mengatakan, tugas sebagai wakil rakyat ke depan semakin berat, antara lain karena Balikpapan adalah daerah penyangga kawasan bakal Ibu Kota Negara.

“Sebagai kota penyangga, kewajiban kami untuk menyiapkan sumber daya manusia di semua sektor,” sebut Abdulloh.

Untuk menyiapkan sumber daya manusia itu memerlukan banyak kebijakan yang terkait pada banyak pihak, sampai pada pelaksanaan kebijakan tersebut.

Setelah ditetapkannya sebagai Ketua DPRD, Abdulloh segera melanjutkan dengan pembentukan Pansus Tatib. Namun sebelum itu hari ini akan dilakukan dulu penetapan susunan fraksi dan penetapan pengurus fraksi.

“Jika hari ini bisa clear maka tahapan berikutnya adalah menetapkan Pansus Tatib sekaligus dengan rancangan yang sudah selama ini sudah digodok oleh Pokja atau kelompok kerja Dewan yang sudah dibentuk dan sudah tersusun. Mudahan dalam pembahasan terakhir Pansus Tatib sudah bisa merekomendasikan isi-isinya,” jelas Abdulloh.

DPRD Balikpapan akan diisi 6 fraksi, hari ini juga akan diadakan rapat gabungan untuk menetapkan fraksi tersebut bersama pimpinan definitif.

“Jika ini selesai dilanjutkan dengan Pansus Tatib oleh pimpinan definitif,” tandas Abdulloh. (Roni S)

(Visited 67 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!