Relawan Ambulance Terima Bantuan Perlengkapan dari BPBD Samarinda

Iskandar : Membantu Kawan-Kawan Dalam Proteksi Diri

0 69

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Dalam melaksanakan kegiatan, Relawan Ambulance EMT-ITS Kota Samarinda menggunakan perlengkapan dan peralatan seadanya. Pantang surut membantu warga masyarakat Samarinda, yang memerlukan bantuan.

“Perlengkapan yang dimiliki kawan-kawan Relawan Ambulance ini sangat terbatas, untuk pengadaan perlengkapan seperti Sarung Tangan Latek, Baju Hazmat, Masker medis terkendala karena keterbatasan para relawan untuk membelinya. Menyikapi ini kami dari EMT-ITS berusaha memohon kepada steakholder, dan alhamdulillah dari Kantor BPBD Kota Samarinda meresponnya,” jelas Joko Iswanto yang akrab dengan sapaan Jokis, Selasa (18/1/2022).

Upaya Koordinator Emergency Medical Team (EMT) yang juga ketua Info Taruna Samarinda (ITS) membuahkan hasil, Selasa 18 Januari 2022 pagi diserahkan bantuan perlengkapan kesehatan habis pakai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda kepada EMT-ITS, yang berlangsung di halaman Kantor BPBD Kota Samarinda, Jalan Sentosa Dalam Samarinda.

Baca Juga :

Bantuan yang diserahkan secara simbolik oleh Suwarso, Kepala Pelaksana BPBD Kota Samarinda diwakili Mohd Iskandar, Plh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Samarinda diterima Joko Iswanto Ketua.

Kemudian dilanjutkan penyerahan secara simbolik dari Ketua ITS kepada Relawan Ambulance antara lain kepada Relawan Ambulance PWI Kaltim Peduli diterima Usamah Bima Shafa, Relawan Ambulance Satria diterima H Asnari, Relawan Ambulance Orca diterima Fardianto, dan relawan Ambulance Sungai Lais diterima Fardianto.

Perlengkapan dan Peralatan bantuan BPBD Kota Samarinda ke Relawan Ambulance ITS berupa Baju Hazmat 3 dus (120 lembar), 40 kotak Masker Medis (2.000 lembar), 160 kotak Sarung Tangan Latek, 31 buah Kacamata Google, dan 31 pasang Sepatu Karet.

“Dari bantuan ini nanti kita distribusikan kepada kawan-kawan relawan, yang hingga saat ini anggota EMT-ITS berjumlah 31 tim yang tersebar di Kota Samarinda,” jelas Jokis.

Mohd Iskandar mengungkapkan, Relawan Ambulance ini adalah mitra dari BPBD sehingga apa keperluan mereka kita akan berusaha support, sehingga dapat melaksanakan tugas kemanusiaan dengan aman.

“Sementara kita bantu dari stok yang ada dulu, minimal membantu kawan-kawan dalam proteksi diri selama melaksanakan tugas kemanusian. Jangan sampai niat membantu justru menjadi korban, misalnya tertular penyakit,” jelas Suwarso sebagaimana disampaikan Iskandar.

Baca Juga :

Penyerahan bantuan dalam suasana yang hangat penuh keakraban, antara relawan dan perangkat BPBD Kota Samarinda ini diselingi dengan diskusi kecil, antara lain dalam pelaksanaan pelayanan ke masyarakat.

Nanang, salah seorang relawan mengatakan kita harus hati-hati dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini, terutama melindungi diri dulu.

“Banyak masyarakat yang tidak terbuka apa sakitnya, sehingga kawan-kawan relawan harus membentengi diri dengan peralatan yang ada, minimal gunakan Masker dan Sarung Tangan Latek, setelah di pakai buang, dan jika habis selesai pengantaran pasien diusahakan pulang ke posko untuk mandi dan ganti baju,” jelas Nanang.

Ketua ITS Joko Iswanto mengatakan, anggota EMT dengan sepenuh hati melayani warga masyarakat yang membutuhkan.

“Saya berharap warga tidak segan-segan jika memerlukan unit Ambulance telp saja ke 112 atau ke 110, insya Allah dalam waktu yang tidak lama Ambulance relawan terdekat akan merapat sesuai alamat,” jelas Jokis.

Baca Juga :

Menurut Jokis, unit Ambulance anggota EMT-ITS tidak hanya melayani warga yang memerlukan jasa ambulance dalam kota, juga melayani warga masyarakat misalnya pengantaran jenazah ke luar Provinsi Kaltim.

“Kawan-kawan relawat Ambulance EMT-ITS siap kapan saja jika diperlukan, beberapa kali kita juga melayani pengantaran jenazah hingga ke Kalbar, terakhir ada anggota yang melayani pengantaran jenazah ke Kaltara. Beberapa waktu lalu Ambulance PWI Kaltim Peduli saya lihat juga melayani pengantaran jenazah ke Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, bahkan medan yang berat seperti ke Muara Bengkal yang harus menggunakan double gardan, insya Allah anggota kami siap.” papar Jokis menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Munanto

Editor   : Lukman

(Visited 13 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!