Qariah Kalsel Juara MTQ Antar Bangsa di Medan

Ditutup Presiden DMDI Tun Seri Setia HM Ali Rustam

0 137

DETAKKaltim.Com, MEDAN: Ramadhan Najwa, Qoriah dari Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil menjadi juara I putri pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Bangsa, yang sukses dilaksanakan di Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (1/4) sampai Senin (3/4/2023).

MTQ yang diikuti utusan dari 17 Provinsi Indonesia dan 7 negara ini ditutup Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI)Tun Seri Setia HM Ali Rustam, dengan total hadiah ratusan juta rupiah dan hadiah umrah bagi para pemenang.

“Pelaksanaan MTQ Antar Bangsa DMDI dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) ini memang dilaksanakan setiap tahun,” ujar Presiden DMDI pada acara penutupan MTQ Antar Bangsa DMDI & BKPRMI di Masjid Al Musannif Jalan Cemara Asri, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Juara 1, 2 dan 3 Qori yakni Adek Putra Masrianda dari Sumatera Barat, M Mas’ud dari Jawa Tengah dan Abdul Hadi dari Trengganu Malaysia. Sedangkan Qoriah yaitu Ramadhan Najwa dari Kalimantan Selatan, Nurhidayah Trengganu Malaysia, dan Nurjannah dari Sumatera Utara.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah yang diwakili Asisten Perekonomian Pemprovsu DR H Agus Tripiyono, Konjen Malaysia di Medan Ayub Umar, Sekretaris Jenderal DMDI H Datuk Seri Said Aldi Al Idrus, Ketua DMDI Sumatera Utara Datuk Dr Isa Indrawan.

Hadir juga pengurus dan kader DPP BKPRMI dan Sumut mewakili Pemerintah Kota Medan Naib, Pengurus DMDI Prof Emeritus Datuk Wira Dr H Mohd Jamil bin Mukmin, Pembantu Menteri kepada Ketua Menteri Sabah Datuk Ruslan Muharam, Pengrusi DMDI Perak Datuk Wira Jamaludin bin Abdul Rahim.

Kemudian, Pengurus DMDI Malayasia Datuk H MD Nasir bin Ghani, Presiden Alumni 4B Malaysia Datuk Syed Azmi bin Syed Nasir, Timbalan Setia Usaha Kerajaan negeri Sabah Tuan Sapdin Ibrahim, Pengurus Yayasan DMDI Datok Mohd Ridhwan bin Mohd Ali, Pengarah Jabatan Agama Islam Melaka Dato’Che Sukri bin Che Mat.

Selain itu hadir juga Ketua Penyelia Guru Al Qur’an Majelis Agama Islam Dato’ Ismawi bin Duet, Pengerusi Biro Dakwah DMDI Datuk H Rahimin bin Bani dan Wakil DMDI Johor Puan Idayuwati binti Ahmad.

Pada kesempatan itu, Tun Seri Ali Rustam juga mengungkapkan bahwa MTQ Antar Bangsa ini telah berjalan hampir 20 tahun. Namun selama pandemi Covid-19, dilaksanakan secara online.

“Alhamdulillah, tahun 2023 ini kita selenggarakan terbuka (Offline-red) dan yang menjadi tuan rumah adalah DMDI Sumatera Utara,” ucap Ali Rustam.

Pada kesempatan itu, Presiden DMDI ini juga berpesan kepada para peserta MTQ agar terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan keada Allah SWT, dengan terus memperdalam bacaan Al Qur’annya.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang MTQ Antar Bangsa DMDI dan BKPRMI. Semoga hadiah yang diterima bermanfaat dan dipergunakan untuk keperluan memperdalam ilmu agama Islam, serta menjadi motivasi untuk memperbagus bacaan tilawah,” tuturnya.

Baca Juga:

Ali Rustam juga meminta kepada Pengurus DMDI Sumatera Utara yang baru saja dikukuhkan, agar dapat membangun pendidikan Melayu Islam di 26 negara anggota DMDI.

“Karena berlatarbelakang seorang Rektor di Universitas Pancabudi, Ketua DMDI Sumut Datok Isa Indrawan diharapkan dapat membuat gebrakan memajukan DMDI di Bidang Pendidikan. Sebab program utama organisasi ini adalah ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi umat Melayu Islam.” tandasnya.

Hal senada juga dikatakan Sekjen DMDI H Datok Seri Said Aldi Al Idrus yang mengatakan, bahwa MTQ ini setiap tahun dilaksanakan dan harusnya MTQ Antar Bangsa kali ini dilaksanakan di Kamboja, namun karena ada arahan dari Wapres DMDI dan Dewan Penasehat DMDI maka dilaksanakan di Medan.

“Dan ini menjadi kebanggaan kita semua. Karena pada tahun depan, MTQ Antar Bangsa DMDI dan BKPRMI akan dilaksanakan di Kanada atau Filipina,” ujar Said Aldi yang juga Ketua Umum BKPRMI Pusat.

Said Aldi juga berpesan kepada pengurus DMDI Sumut yang baru saja dikukuhkan, agar tidak panjang sambutan melainkan panjang pergerakan dan kinerja, sehingga gaung organisasi ini bisa semakin menyentuh lapisan masyarakat, bahwa di Provinsi ini pembinaan bagi masyarakat Melayu merupakan program kerja.

“Pembinaan bagi masyarakat Melayu, kunjungan antar kampus, pertemuan rektor, cendikiawan se Asia Tenggara merupakan program kerja yang harus segera dilaksanakan, yang tentunya mengundang seluruh DMDI yang ada di 26 negara anggota,” imbuh Said Aldi.

Kemudian, lanjut Said Aldi, pengurus inti yang baru saja dikukuhkan juga diharapkan bisa secepatnya menyusun susunan kepengurusan yang lebih lengkap, dengan menempatkan orang-orang yang mumpuni, agar dapat memajukan masyarakat Melayu Islam di Sumut.

“Terakhir, pada acara ini DMDI dan BKPRMI juga memberikan bingkisan kepada 200 fakir miskin di Kecamatan Percut Sei Tuan. Dan akan dilakukan diseluruh wilayah Indonesia,” tuturnya.

Wagub Sumut Musa Rajekshah dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Dr Agus Tripiyono mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sumut sangat mengapresiasi event MTQ Antar Bangsa DMDI & BKRPMI ini.

Sebab, lanjutnya, semakin banyak dan sering dilaksanakannya MTQ, maka akan semakin banyak generasi muda Islam yang menjadi penghafal Al Qur’an.

“Pemprovsu sangat apresiasi digelarnya MTQ Antar Bangsa DMDI dan BKPRMI. Semoga kegiatan ini semakin memotivasi pemuda/pemudi Islam Sumut, untuk bisa menjadi Qori dan Qori’ah serta menjadi penghafal Al Qur’an. Dan Pak Ijeck memberikan 2 paket Umrah kepada para pemenang sebagai bentuk apresiasi,” bebernya.

Sementara itu Konjen Malaysia di Medan Ayub Umar berharap kegiatan MTQ Antar Bangsa DMDI & BKRPMI ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya, agar syiar Islam bisa tersampaikan ke pelosok Sumatera Utara.

Selain itu, lanjut Ayub, DMDI Sumut yang baru saja dikukuhkan bisa menjalankan program-program kerja yang bermanfaat bagi masyarakat Melayu Islam di provinsi ini. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Zul Tanjung/Sumut

Editor: Lukman

(Visited 36 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!