Peringatan Hari Bela Negara, Amanat Presiden Dibacakan Staf Khusus

0 263

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Kolonel Arh Syarif Hidayatullah

Demikian petikan Amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dibacakan oleh Staf khusus Pangdam VI/Mlw Kolonel Arh Syarif Hidayatullah pada upacara peringatan Hari Bela Negara di Makodam VI/Mlw, Kamis (19/12/2019).

Masih dalam amanat Presiden RI, berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Manusia Indonesia yang unggul adalah prasyarat utama untuk mengisi kemerdekaan, sebagai modal dasar pembangunan kita di segala bidang.

“Aksi Nasional Bela Negara akan melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur,” ungkapnya.

Tanpa sikap dan perilaku bela negara, kata Presiden dalam amanatnya, pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran.

“Jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara, harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama dan ras,” tuturnya.

Upacara tersebut diikuti oleh Irdam, Staf Ahli Pangdam, para Asisten, Kabalak/Dansat dan seluruh prajurit serta PNS di lingkungan Makodam VI/Mlw. (DK.Com)

Sumber : Pendam VI/Mlw

Editor    : Lukman

(Visited 15 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!