Pangdam VI/Mlw Ingin Latma Garuda Shield Beri Kemampuan Prajurit TNI

Mayjen TNI Heri : Kita Ingin Mendapatkan Suatu Kemampuan

0 293

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 antara TNI Angkatan Darat (AD) dan US Army yang dibuka Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa di Baturaja, Palembang, diharapkan Pangdam VI/Mulawarman(Mlw) memberikan kemampuan kepada Prajurit TNI AD.

“Kita ingin mendapatkan suatu kemampuan bagi Prajurit kita, dimana mereka bisa berlatih bersama dengan Tentara luar, yaitu US Army,” jelas Mayjen TNI Heri Wiranto, Pangdam VI/Mlw usai upacara pembukaan digelar, Rabu (4/8/2021) Pukul 08:00 Wib.

Pangdam menjelaskan, dalam Latma ini akan ada beberapa tahapan. Yang Pertama itu menyamakan materi, kemudian ada beberapa Latihan terkait senjata ringan yang digunakan dan taktikal.

“Setelah itu baru kita melangkah pada latihan yang di lapangan, yang kita namakan Field Training Exercise,” jelas Pangdam.

Selain itu, lanjutnya, juga ada latihan Live Fire Exercise untuk Senjata Mortir. Kemudian Senapan Mesin Ringan.

Terhadap Latma Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 ini, Gubernur Kaltim Isran Noor berharap bisa membangun hubungan bilateral antara Amerika Serikat dan Indonesia.

“Harapannya, paling tidak ini membangun sebuah hubungan bilateral antara Pemerintah Amerika dengan Indonesia, terutama terkait dengan pengembangan dan peningkatan kapasitas TNI kita,” jelas Isran.

BERITA TERKAIT :

Latma Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 di Balikpapan digelar di Amborawang, melibatkan penyelenggara dan pelaku dari US Army sebanyak 122 personel sedangkan dari TNI AD 250 personel.

Selain di Balikpapan, Latma Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 yang disebut Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa latihan bersama terbesar yang pernah digelar kedua negara, juga digelar di Puslatpur Kodiklatad-Baturaja, Palembang, dan Makalisung-Manado dengan melibatkan 2.246 orang personel TNI AD dan 2.282 personel US Army.

Latma Garuda Shield Ke-15 Tahun 2021 dijadwalkan akan digelar hingga 14 Agustus 2021. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 26 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!